banner 728x250

Deni Wicaksono Optimis Gen Z Bisa Wujudkan Indonesia Emas 2045

Anggota DPRD Jatim Deni Wicaksono
Anggota DPRD Jatim, Deni Wicaksono, optimis anak muda bisa mewujudkan Indonesia Emas 2045. Hal itu ia sampaikan usai menjadi panelis dalam ajang debat antarmahasiswa bertajuk “Noise no Cancel” di Balai Pemuda Surabaya, Selasa (10/10/2023).

RUBRIKA – Anggota DPRD Jatim, Deni Wicaksono, optimis anak muda bisa mewujudkan Indonesia Emas 2045. Hal itu ia sampaikan usai menjadi panelis dalam ajang debat antarmahasiswa bertajuk “Noise no Cancel” di Balai Pemuda Surabaya, Selasa (10/10/2023).

“Tadi saya dengar dari kompetisi debat, mereka beradu gagasan dan pendapat. Saya mendapatkan banyak insight baru dari para pemuda. Saya yakin Indonesia bisa maju dan menjadi Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

banner 336x280

Menurutnya, kualitas pemuda saat ini makin bagus. Tampak ketika adu gagasan, masing-masing mahasiswa memberikan argumen menarik yang bisa membawa kemajuan bangsa.

“Di era Gen-Z, semua bisa jadi apa saja dan bisa juga tidak jadi apa-apa. Pemerintah, negara memberi akses seluas-luasnya kepada Gen-Z, selama punya peluang dan kemampuan akan gratis apapun,” jelasnya.

Tiap generasi, kata Deni, punya perjuangannya sendiri. Di era kini, anak muda bisa memanfaatkan media sosialnya sebagai alat perang, memerangi ketidakadilan, dan mengawal kebijakan.

“Kekuatan medsos jauh lebih dahsyat. Kalian juga bisa datang ke kantor DPRD secara langsung, atau bisa juga lewat media sosial. Contohnya di Lampung, cara itu yang bisa dirumuskan agar kontrol kebijakan pemerintah dinamis,” jelasnya.

Wakabid Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Jawa Timur itu pun berharap, hal tersebut terus berlanjut dan menularkan motivasi pada anak muda lainnya. Jangan takut mengambil peluang, dan terus raih pendidikan setinggi-tingginya.

“Kawan mahasiswa percayalah ruang yang kalian ambil sudah benar tinggal memaksimalkan akses itu. Pendidikan itu faktor utama, jauh lebih banyak orang yang sukses dari background pendidikan yang baik daripada yang sukses dari background kurang beruntung,” ucapnya.

Sementara itu, CEO & Founder Uprintis Indonesia, Novita Hardini, menambahkan, cita-cita Indonesia harus dimulai dari pemuda. Mereka-lah yang membawa masa depan menjadi epicentrum dunia.

“Itu harus dimulai dari pemuda, menjadi mitra yang setara dengan pemerintah, dan dari pemilu agar bisa jadi epicentrum dunia,” ucapnya.

“Untuk bisa masuk Indonesia Emas tolak ukurnya adalah Pemilu 2024. Kita sebagai rakyat bisa mengantar Indonesia menjadi maju dengan pilih pemimpin yang tepat, lihat visi misinya. Bagaimana pemimpin lahir dari rakyat, mengerti susahnya jadi rakyat, mampu membangun berkelanjutan,” tandasnya. (***)

banner 336x280