banner 728x250

Bahas Isu Strategis, DPD GMNI Jatim Sampaikan Beberapa Rekomendasi kepada Pj Gubernur

Momentum Bulan Bung Karno, Dewan Pengurus Daerah Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Jawa Timur (DPD GMNI Jatim) sampaikan hasil kajian isu strategis dan rekomendasi kepada Pj Gubernur Jawa Timur. 

RUBRIKA – Momentum Bulan Bung Karno, Dewan Pengurus Daerah Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Jawa Timur (DPD GMNI Jatim) sampaikan hasil kajian isu strategis dan rekomendasi kepada Pj Gubernur Jawa Timur. 

Rekomendasi tersebut disampaikan dalam silaturrahim dengan Pj Gubernur Jawa Timur Adhi Karyono yang dilaksanakan di Kantor Gubernur setempat, Selasa (04/06/2024). 

banner 336x280

Beberapa kajian isu strategis dan rekomendasi yang dibawa diantaranya pengembangan dan peningkatan kulitas pendidikan dan perguruan tinggi di Jawa Timur. 

Pengembangan tersebut salah satunya dengan pemberian beasiswa dan bantuan finansial bagi mahasiswa berprestasi yang kurang mampu. 

“Selain itu, juga perlu didukung dengan fasilitas yang memadai,” ucap Ketua GMNI Jawa Timur, Hendra Prayogi. 

Kajian GMNI Jawa Timur juga menghasilkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur untuk memperluas lapangan kerja dan pengembangan karir. 

Pengembangan karir dapat dilakukan dengan membuka program magang melalui kerjasama dengan industri lokal untuk meningkatkan kesempatan kerja bagi lulusan perguruan tinggi. 

“Juga diperlukan pelatihan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja serta dukungan terhadap wirausaha muda dan start-up,” tandasnya. 

Selanjutnya, terkait dengan peningkatan kesejahteraan sosial dan ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat guna mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. 

Serta kebijakan untuk memberikan dukungan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

“Karena juga banyak masyarakat petani, maka diperlukan dukungan terhadap sektor pertanian,” imbuhnya. 

Rekomendasi lain yang disampaikan oleh GMNI Jawa Timur adalah pembangunan infrastruktur yang merata dan berkelanjutan di wilayah Jawa Timur, program perlindungan lingkungan dan pengelolaan sampah yang efektif, serta pengembangan transportasi publik yang ramah lingkungan.

Pemprov Jatim juga perlu memberikan akses yang lebih baik terhadap layanan kesehatan mahasiswa, dukungan kesehatan mental dan dukungan psikologis di kampus. 

“Kami juga merekomendasikan untuk mendorong partisipasi politik dan demokrasi mahasiswa dengan memberikan edukasi politik dan kesadaran hak-hak warga negara,” tandasnya. 

GMNI juga mendorong Pemprov Jawa Timur untuk memberikan dukungan terhadap gerakan sosial dan aksi kemanusiaan. (***)

banner 336x280