banner 728x250

KPU Kabupaten Pasuruan Hadir untuk Generasi Muda

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Pasuruan, Abdul Kholiq. (Foto: Ist)

PASURUAN – KPU Kabupaten Pasuruan bergerak cepat dalam sosialisasi pentingnya Pemilihan Umum (Pemilu) bagi generasi muda. Para kaum milenial menjadi salah satu fokus penyadaran untuk pelaksanaan demokrasi yang baik. 

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Pasuruan, Abdul Kholiq menjelaskan, konteks pemilih sebagai subjek, berarti kedudukannya sangat tinggi dan penting. Lebih lanjut, kedudukan pemilih dapat menentukan lembaga perwakilan baik Legislatif maupun Eksekutif yang dikehendaki rakyat. 

banner 336x280

“Secara sederhana terminologi demokrasi adalah dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Dalam arti, pemilih (rakyat) adalah pemegang kekuasaan tertinggi. Sebagai Subjek bukan Objek. Penjelasan objek, jika tidak menggunakan hak pilih secara cerdas dan suara tergadaikan berarti menjadi objek,” jelas Abdul Kholiq saat memberikan sosialisasi di program KPU Goes to School di SMK Yadhika, Bangil, Pasuruan, Selasa (22/03/2022).

Program KPU Goes to School di SMK Yadhika, Bangil, Pasuruan, Selasa (22/03/2022).

Pembelajaran Demokrasi dari KPU Kabupaten Pasuruan yang positif, sebagai penyelenggara pemilu berkewajiban dan bertanggung jawab memastikan semua masyarakat yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, agar terdaftar di DPT (daftar pemilih tetap). Karena ini menyangkut hak asasi, hak untuk memilih. 

“Termasuk, anda (siswa SMK) semua, yang saat ini akan memasuki usia 17 tahun. Artinya saudara sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, dan kewajiban kami adalah mendaftar kalian di daftar pemilih. Kecuali kedepan ada perubahan status menjadi TNI, Polri yang tidak bisa didaftar,” terang Kholiq dengan senyum antusiasnya dalam paparan yang bertemakan, Membangun Kesadaran Berdemokrasi, Menuju Pemilih yang Mandiri dan Berdaulat. 

Sementara itu, Suyatmin, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, SDM dan Parmas mengatakan kepada seluruh peserta untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu dan Pemilihan dengan sebaik-baiknya.

“Suara rakyat sangat penting dalam Pemilu dan Pemilihan, rakyat dapat menentukan pemimpin yang baik dan nantinya dapat mengubah nasib rakyat sebagai komponen sebuah bangsa melalui kebijakan-kebijakan yang dibuatnya. Oleh karena itu, kalian sebagai calon pemilih pemula saya harapkan dapat berpartisipasi aktif dalam pemilu/pemilihan dengan menggunakan hak pilih dengan sebaik-bainya dan tidak golput,” ujar Suyatmin.

Turut hadir dalam acara itu, Sekretaris KPU Pasuruan Sherla Rusdianto, Feni Yudi Ariyanto selaku Perencana Ahli Muda KPU Kabupaten Pasuruan dan Kepala Sekolah SMK Yadhika, Abdul Makin.