banner 728x250

Viral Video Penembakan Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe

Tangkapan Layar Video Penembakan Mantan Perdana Menteri Jepang. (Foto: Ist)

RUBRIKA – Beredar luas dijagat maya media sosial video penembakan terhadap mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Dalam video tersebut tampak paramedis berkerumun di sekitar Abe di tengah jalan. Ia kini dikabarkan telah dilarikan ke rumah sakit.

Dilansir dari BBC News, Jumat (8/7/2022), Shinzo Abe sedang memberikan pidato untuk seorang kandidat di Nara ketika serangan itu terjadi, saksi mata mengatakan mereka melihat seorang pria membawa senjata besar dari belakang.

banner 336x280

Tembakan pertama tampaknya meleset tetapi tembakan kedua mengenai punggung Abe. Dia segera jatuh ke tanah berdarah. Keamanan kemudian menahan penyerang yang tidak berusaha melarikan diri.

Penyiar berita lokal NHK mengatakan Abe “sadar dan responsif” saat diangkut setelah penembakan, mengutip sumber polisi. Penyiar tersebut  juga menambahkan bahwa polisi telah menyita senjata penyerang dan mengidentifikasi pelaku.

Abe, yang merupakan perdana menteri terlama di Jepang, menjabat pada 2006 selama satu tahun dan kemudian lagi dari 2012 hingga 2020, sebelum mengundurkan diri dengan alasan kesehatan. Dia kemudian mengungkapkan bahwa dia menderita Kolitis Ulserativa yang kambuh, penyakit usus.

Dia digantikan oleh Yoshihide Suga, yang kemudian digantikan oleh Fumio Kishida. Insiden kekerasan senjata jarang terjadi di Jepang, di mana pistol dilarang dan insiden kekerasan politik hampir tidak pernah terdengar.

Pada tahun 2014, hanya ada enam insiden kematian senjata di Jepang, dibandingkan dengan 33.599 di AS. Orang harus menjalani pemeriksaan ketat dan tes kesehatan mental untuk membeli senjata dan itupun, hanya senapan dan senapan angin yang diperbolehkan.

Mantan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd menyebutnya sebagai “serangan terhadap pendukung demokrasi”.

Duta Besar AS untuk Jepang Rahm Emanuel, mengatakan Abe telah menjadi “pemimpin luar biasa Jepang dan sekutu AS yang tak tergoyahkan”, menambahkan bahwa AS “berdoa” untuk kesejahteraannya.

banner 336x280