banner 728x250

Kemanusiaan untuk Turki dan Suriah, Pemerintah Indonesia Kirimkan Bantuan

Menko PMK Muhajir Effendy di dampingi sejumlah pejabat saat melepas bantuan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu(11/02/2023).

RUBRIKA.CO.ID, JAKARTA – Bencana gempa yang terjadi di Turki dan Suriah, menggugah Pemerintah Indonesia untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan.

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya untuk mengkoordinasikan pengiriman bantuan kemanusiaan korban gempa yang terjadi di Turki dan Suriah.

banner 336x280

Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhajir Effendy menyampaikan bahwa bantuan tersebut telah di kirimkan mulai tanggal 11 Februari 2023 lalu.

“Bantuan dari pemerintah Indonesia sesuai dengan perintah Presiden Jokowi yang diberikan kepada saya untuk mengkoordinasikan itu,” ucap Menko PMK Mujahir.

“Sudah diberangkatkan dua gelombang atau kloter. Kloter pertama pada 11 Februari dan kloter kedua 13 Februari yang lalu,” tambah Muhajir dalam keterangannya setelah bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/02/2023) lalu.

Menko PMK menyampaikan, Pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan tahap pertama berupa sejumlah personel dan peralatan pendukung termasuk dokter dan tenaga medis.

Hal tersebut bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana di Turki dan Suriah.

“Kloter pertama kita kirimkan 62 personel dengan perangkat peralatan pendukungnya. Untuk kloter kedua 181 personel untuk tugas bantuan di sana, terutama untuk pertolongan pertama yaitu SAR dan tenaga medis serta terutama dokter bedah ortopedi,” tutur Muhajir.

Untuk tahap kedua Muhajir mengatakan, pemerintah akan mengirimkan tenaga dokter dan ahli kesehatan yang akan menangani penyakit menular.

Sedang untuk tahap berikutnya pemerintah akan mengirimkan bantuan berupa bahan pangan dan logistik peralatan yang dibutuhkan termasuk selimut.

“Untuk berikutnya pemerintah akan mengirimkan logistik yang dibutuhkan, InsyaAllah akan diberangkatkan tanggal 20 Februari dengan empat pesawat kargo. Sesuai permintaan dari Turki dan Pemerintah Suriah,” jelas Muhajir.

Menko PMK juga mengatakan Presiden Jokowi menyetujui bahwa pemerintah akan mengirimkan bantuan uang tunai atau nonmaterial.

banner 336x280