banner 728x250

Sowan ke Bupati Malang, Mas Dhito Bahas Proyek Strategis Nasional

Bupati Kediri Mas Dhito Kunjungi Bupati Malang Abah Sanusi di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Selasa (12/04/2022). (Foto: istimewa)

MALANG – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana sowan ke Bupati Malang HM Sanusi di Pringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang, Selasa (12/04/2022) lalu.

Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto dan Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat juga turut hadir dalam giat tersebut.

banner 336x280

Dalam kunjungan Mas Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri, ada beberapa kisi-kisi yang ia sampaikan kepada Bupati Malang.

“Pak Bupati Malang, Pak Sanusi ini selaku senior yang sudah lebih memahami peta birokrasi sehingga saya bertukar pikiran, tak terkecuali terkait UMKM bagaimana daya jual beli terhadap UMKM dari kabupaten masing-masing lalu,” ujar Mas Dhito.

Selain itu, Mas Dhito juga membahas terkait proyek strategis nasional yang mungkin nanti setelah adanya pertemuan ini akan bertemu dengan bupati-bupati yang lain.

“Yang kita bahas terutama terkait lingkar Wilis dan beberapa konektivitas antar wilayah yang nantinya akan berdampak pada kepemilikan bandara yang nantinya ada di Kabupaten Kediri,” ucap Mas Dhito.

Tak hanya itu, Bupati Muda ini pun menambahkan, terkait kelak adanya bandara di Kediri diyakini tidak akan dinikmati oleh warga masyarakat Kabupaten Kediri saja melainkan mungkin termasuk salah satunya warga masyarakat Kabupaten Malang.

Oleh karena itu, tambah Mas Dhito, nanti Pemkab Kediri juga komunikasi dengan Pemda Tulungagung, Nganjuk dan berbagai kota/kabupaten lainnya, dengan cara yang sama yakni berkunjung silahturahmi satu per satu.

”Ada beberapa hal yang kita diskusikan dengan Pak Bupati Malang, Pak Sanusi terkait konektivitas antar wilayah, termasuk ada rute-rute yang memang sekarang menjadi akses antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Kediri,” ujarnya.

“Sejauh ini, kalau tidak salah dari Kabupaten Malang ke Kediri itu hanya bisa diakses dari Kecamatan Kasembon lewat Kandangan Kediri, yang satu lagi jalan desa. Nah, apakah ini nantinya perlu kita buatkan rute khusus mengingat itu tadi,” tambah Mas Dhito.

Harapannya, setelah adanya konsep Sudirman Raya, meliputi Surabaya Raya, Kediri raya dan Malang Raya, maka tentunya Kediri juga harus bersiap dan belajar dari Malang.

“Untuk Surabaya raya dan Malang raya ini sudah terbentuk konektivitas dengan sangat baik,” tegasnya.

banner 336x280