banner 728x250

Ekonomi Sri Lanka Semakin Terpuruk, Persediaan BBM Hanya Tersisa Untuk 1 Hari

Stok BBM Sri Lanka Hanya Tersisa Untuk 1 Hari. (Foto: Ist)

RUBRIKA – Sri Lanka mengalami kondisi perekonomian yang semakin terpuruk. Hal ini terlihat saat pemerintah yang kekurangan uang telah mengumumkan pemberhentian selama dua minggu untuk semua penjualan bahan bakar kecuali untuk layanan penting dan menyerukan penutupan sebagian karena krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya semakin dalam.

Negara Asia selatan itu menghadapi krisis ekonomi terburuk sejak memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1948, dan bahkan tidak mampu membiayai impor kebutuhan pokok sejak akhir tahun lalu.

banner 336x280

Dilansir dari The Guardian, Selasa (28/06/2022), cadangan bahan bakar dari Sri Lanka telah mencapai titik terendah dengan persediaan hampir tidak cukup hanya untuk satu hari lagi, juru bicara pemerintah Bandula Gunawardana mengatakan larangan penjualan itu untuk menghemat bensin dan solar untuk keadaan darurat.

Baca Juga:   Warga Malang Banjiri Rise And Shine Kayutangan Heritage

Dia mendesak sektor swasta untuk membiarkan karyawan bekerja dari rumah karena transportasi umum dihentikan.

“Mulai tengah malam hari ini, tidak ada bahan bakar yang akan dijual kecuali untuk layanan penting seperti sektor kesehatan, karena kami ingin menghemat sedikit cadangan yang kami miliki. Kami menyesalkan ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada orang-orang,” kata Gunawardana dalam sebuah pernyataan yang direkam awak media sebelumnya.

Baca Juga:   Bejat! 4 Pemuda Asal Probolinggo Ini Gilir Gadis Dibawah Umur, Dicekoki Miras dan Dibawa ke Semak-semak

Negara ini juga menghadapi rekor inflasi tinggi dan pemadaman listrik yang berkepanjangan, yang semuanya menciptakan protes selama berbulan-bulan dan disertai aksi kekerasan serta meminta presiden, Gotabaya Rajapaksa, untuk mundur.

Pekan lalu, semua sekolah pemerintah ditutup dan lembaga-lembaga negara beroperasi dengan staf kerangka untuk mengurangi perjalanan dan menghemat minyak.

Penutupan sektor negara dimaksudkan untuk berakhir minggu ini, tetapi sekarang diperpanjang hingga 10 Juli, ketika Gunawardana berjanji untuk memulihkan pasokan bahan bakar.

Antrian panjang terjadi di luar beberapa stasiun pompa yang masih memiliki persediaan.

Baca Juga:   Hakim AS Pertanyakan Kekebalan Hukum Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman

Awal bulan ini, PBB meluncurkan tanggapan darurat terhadap krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya di pulau itu, memberi makan ribuan wanita hamil yang menghadapi kekurangan pangan.

Empat dari lima orang di Sri Lanka mulai melewatkan makan karena mereka tidak mampu untuk makan, kata PBB, memperingatkan “krisis kemanusiaan yang mengerikan” dengan jutaan orang membutuhkan bantuan. Sri Lanka gagal membayar utang luar negeri $51 miliar pada bulan April, dan sedang dalam pembicaraan dengan Dana Moneter Internasional untuk bailout.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *