banner 728x250
Opini  

Menjaga Hak Kesulungan OAP Sesuai Perintah Rekomendasi MRPBD

Amandus Yumte, Lembaga Kajian Isu Papua PP PMKRI Periode 2024-2026.

RUBRIKA – Beberapa waktu belakangan ini, sorotan dari berbagai kalangan soal keaslian Orang Papua yang dapat berkontestasi dalam Pemilukada 2024 di Tanah Papua masih terus bergulir dan terkhusus di Provinsi Papua Barat Daya (PBD).

Segala bentuk aksi protes terus dilakuakan oleh berbagai macam kalangan untuk menuntut Hak Politik Orang Asli Papua (OAP).

banner 336x280

Secara Konstitusional suda jelas sebagaimana yang sudah di atur dalam UU Otsus No.2 Tahun 2021 tentang perubahan kedua atas UU No.21 Tahun 2001 terkait otonomi kusus bagi Provinsi Papua.

Baca Juga:   Pj Gubernur Baru Harapan Baru Kasus Pelanggaran HAM Aceh Dibawa Kemana? 

Segala bentuk proses dan tahapan yang sudah dilakukan oleh MRPBD itu berjalan sesuai prosedur yang berlaku.

Tahapan dan proses itu dapat menghasilkan 1 keputusan yang dimana bukan hanya sebagai keputusan politik semata tetapi juga bagian dari menjaga hak Politik OAP.

Keputusan MRPBD ini bukan semata karena kepentingan politik semata, tetapi kita harus pahami bahwa keputusan ini merupakan bagian dari penyelamatan Hak-hak Dasar Orang Asli Papua.

Baca Juga:   Geotermal: Kapitalisasi Agraria dan Kesejahteraan Masyarakat

Kewenangan MRP yang diatur dalam Undang-Undang Otsus Papua merupakan bentuk pengakuan eksistensial terhadap hak-hak adat dan budaya orang asli Papua.

Perlu digaris bawahi bahwa kasus ini bukan soal politik semata, jangan sampai ini mengeliminir hak politik yang sudah disepakati bersama dalam Undang-Undang itu.

Untuk itu, saya mengajak kita semua warga masyarakat Papua Barat Daya dan seluruh pihak-pihak yang terkait untuk menjaga kondusifitas dan kesetaraan politik.

Baca Juga:   RKUHP Disahkan, DPR Seperti Kuburan Massal?

Keputusan yang diambil oleh MRPBD wajib dihormati, sebab keberadaan MRP merupakan representasi dari Orang Asli Papua. (***)

Opini oleh: Amandus Yumte
Lembaga Kajian Isu Papua PP PMKRI Periode 2024-2026

banner 336x280

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *