banner 728x250
Ekbis  

Bersama BI, Andreas Eddy Susetyo Sebut Pemberdayaan UMKM Kunci Pertumbuhan Ekonomi

Bank Indonesia (BI) bersama Anggota DPR RI Andreas Eddy Susetyo, menggelar sosialisasi “Peran Bank Indonesia dalam Memacu Pertumbuhan Ekonomi Daerah”.

RUBRIKA MALANG – Bank Indonesia (BI) bersama DPR RI menggelar sosialisasi “Peran Bank Indonesia dalam Memacu Pertumbuhan Ekonomi Daerah”.

Dalam acara tersebut menghadirkan anggota DPR RI Komisi XI Dapil Malang Raya, Andreas Eddy Susetyo sebagai pembicara utama.

banner 336x280

Kegiatan yang dihadiri oleh 250 orang ini, diselenggarakan di Desa Tirtomarto, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jumat (11/8/23).

Andreas Eddy Susetyo mengatakan, pertumbuhan ekonomi daerah sangat bergantung pada bagaimana perkembangan UMKM yang ada di daerah tersebut.

Baca Juga:   PP 23 Tahun 2023 Terbit, Soelchan Arief Effendie: Nilai Positif Bagi Calon Investor IKN Nusantara

Misalnya di Kabupaten Malang, jika UMKM terus tumbuh maka ekonomi daerah juga akan ikut tumbuh.

“Jadi perlu kita kuatkan lagi bagaimana UMKM di Kabupaten Malang ini terus tumbuh, supaya mampu mengangkat ekonomi daerah,” ujar Andreas.

Politisi PDI Perjuangan ini juga melihat, bahwa selain UMKM, dalam pertumbuhan ekonomi daerah juga terdapat aktor penting yaitu Bank Indonesia.

Karena BI memiliki empat peran strategis yang terdiri dari peran koordinasi pengendalian inflasi, mendorong intermediasi perbankan, melakukan riset ekonomi regional dan melakukan peran advokasi kepada pemerintah daerah dan pelaku usaha lainnya. 

Baca Juga:   Tanamkan Budaya Menabung kepada Anak lewat bjb MyFirst

“Selain itu, dalam kaitannya dengan UMKM, BI ini perlu dipahami juga oleh masyarakat bahwa fungsinya bukan sebagai tempat meminjam uang, melainkan fungsinya lebih dari itu yaitu mendorong dan merekomendasikan perbankan untuk lebih banyak berperan dalam penyaluran kredit serta mengalokasikan kredit kepada UMKM,” tambahnya.

Jadi, masyarakat perlu mengetahui bahwa Bank Indonesia ini hanya bertugas memberikan rekomendasi dan mendorong agar perbankan yang ada di daerah ini mampu membuat kebijakan, khususnya dalam mengangkat pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca Juga:   Bank bjb Kembali Gelar Promo bjb KPR Membumi untuk Wujudkan Rumah Impian

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi dari Bank Indonesia ini, masyarakat jadi paham misalkan membutuhkan pembiayaan untuk usahanya, jadi paham alurnya bagaimana, dan prosesnya bagaimana, sehingga mampu memudahkan untuk dapat menambah skema pembiayaannya,” harapnya. (***)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *