banner 728x250

Mahasiswa Vokasi Unair Gelar Seminar Bisnis, Undang Founder Mafia Gedang dan Pixy Cosmetic

Mahasiswa Program Studi Manajemen Perhotelan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (FV Unair) Surabaya menyelenggarakan seminar bisnis.

RUBRIKA – Dalam rangka meningkatkan minat berbisnis, mahasiswa Program Studi Manajemen Perhotelan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (FV Unair) Surabaya menyelenggarakan seminar bisnis.

Seminar itu bertajuk “Peluang dan Tantangan Gen-Z dalam Membangun Bisnis Kuliner di Era Digital” yang diadakan di Palacio Function Hall, Nginden Semolo, Senin (3/6/2024) lalu.

banner 336x280

Ketua Pelaksana, Afinizar menyampaikan bahwa dengan menghadirkan dua pebisnis muda diantaranya, Mas Roy (Founder Mafia Gedang dan Bakso Mas Roy) dan Mila (Pixy Cosmetic) berharap dapat memotivasi dalam berbisnis di era digital.

“Selain untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam berbisnis di era digital, harapannya dengan mengundang Mas Roy dan Mila dapat menarik lebih banyak lagi atensi dan juga menginspirasi anak muda dalam berbisnis,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nizar menambahkan, bahwa Mas Roy dan Mila menjadi narasumber yang tepat dalam berbisnis. Terlebih Mas Roy, selain mempunyai kompetensi yang matang dalam berbisnis, secara personal branding juga bagus.

“Ya, kalau alasannya mengundang kedua narasumber jelas secara kemampuan tidak perlu diragukan lagi dalam berbisnis. Apalagi Mas Roy secara personal branding beliau terkenal, terlebih di Surabaya,” tambahnya.

Saat sesi materi berlangsung, Mas Roy selaku narasumber menjelaskan, dua strategi marketing dalam berbisnis yakni, personal branding dan bisnis branding.

“Yang terpenting dalam membangun bisnis ada dua cara atau strategi marketing pertama, melalui personal branding dengan meningkatkan reputasi diri sebagai pemilik, maka bisnis yang kita miliki terangkat dengan sendirinya, tapi kelemahannya belum tentu bertahan lama,” ujar Mas Roy.

“Kedua, bisa melalui bisnis branding, akan tetapi bisnis branding membutuhkan waktu dan modal yang lebih. Di sisi lain, bisnis branding mempunyai ketahanan branding yang lebih lama,” sambungnya.

Terakhir, Mas Roy memberikan pesan dalam bentuk pantun, agar mimpi tidak sekedar ditampung, tapi diwujudkan dengan memulai tindakan nyata.

“Bakso tanpa tepung, nduwe mimpi ojok ditampung,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan seminar bisnis kali ini merupakan output dari mata kuliah Meetings Incentives Conventions and Exhibitions (MICE) mahasiswa Prodi Program Studi Manajemen Perhotelan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (FV Unair). (***)

banner 336x280