banner 728x250

Ketua Ombudsman RI: Jangan Pilih Calon Pemimpin yang Tak Peka Isu Pelayanan Publik

Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih saat mengisi Kuliah Umum di Universitas Tadalako, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (25/11/2022).

RUBRIKA, PALU – Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih meminta kepada mahasiswa untuk tidak memilih calon pemimpin yang tidak peka terhadap isu pelayanan publik pada Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang.

Hal tersebut disampaikan dalam Kuliah Umum yang bertema “Peran Ombudsman Dalam Pelayanan Publik dalam Mewujudkan Pemerintahan yang Baik” di Universitas Tadalako, Sulawesi Tengah, Kamis (25/11/2022) lalu.

banner 336x280

Ombudsman berpesan kepada kader-kader yang ingin menjadi pelayan publik adalah orang-orang yang perhatian terhadap isu pelayanan publik.

Baca Juga:   Pengangkatan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Disetujui DPR RI

“Kader yang ingin menjadi pelayan publik adalah orang-orang yang perhatian terhadap isu pelayanan publik,” tegas Najih.

Dalam kuliah umum tersebut, Najih juga menjelaskan terkait Asas-asas Umum Pemerintahan yang Baik (AAUPB) sesuai pasal 10 Undang Undang 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan.

Diantaranya adanya kepastian hukum, kemanfaatan, ketidakberpihakan, kecermatan, tidak menyalahkan wewenang, keterbukaan, mendahulukan kepentingan umum, pelayanan yang baik dan kepastian hukum.

Baca Juga:   Baliho Wiranata Oey Bertebaran, Sinyal Maju Calon Wali Kota Balikpapan 2024?

“Oleh karena itu tindak lanjut untuk mewujudkan pemerintahan yang baik (good govermance) dan bersih (clean govermance) adalah dengan mengaktualisasikan secara efektif asas-asas umum pemerintahan yang baik, yang digunakan sebagai hukum tidak tertulis dengan melalui pelaksanaan hukum dan penerapan hukum serta pembentukan hukum,” tegas Najih.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *