banner 728x250

Anggota DPRD Jatim Yordan Batara Goa: Sistem PPDB SMA/SMK Belum Memihak Keluarga Miskin

Yordan Batara Goa melaksanakan Reses II Tahun 2023 di Balai RW 01 Klampis Ngasem, Sukolilo, Surabaya. (Foto: Rubrika)

RUBRIKA, SURABAYA – Anggota DPRD Jatim, Yordan Batara Goa, menanggapi keluhan warga Klampis Ngasem, Surabaya yang putranya tidak lolos masuk SMK.

Warga Klampis tersebut harus berhutang sana-sini untuk membayar masuk sekolah swasta.

banner 336x280

Warga tersebut juga bercerita bahwa banyak anak di sekitar tempatnya yang tidak bisa lanjut sekolah karena masalah biaya.

Yordan Batara Goa menyampaikan bahwa ada perbedaan antara PPDB SMA/SMK dan SMP.

Dalam SMP, siswa yang masuk jalur afirmasi keluarga miskin akan dibebaskan dari semua biaya. Termasuk mereka yang masuk swasta.

Baca Juga:   Haru, Wiranata Oey Kenang Kali Pertama Reses Bersama Warga Joko Tole Balikpapan

Sekolah swasta wajib menyediakan minimal 5 persen bangkunya untuk siswa dari keluarga miskin jika ingin menerima BOSDA dari Penerintah Kota. 

Sedangkan di SMA/SMK, belum ada sistem yang memihak kepada siswa dari keluarga miskin.

Beasiswa pun tidak ada. Tidak heran jika ada siswa yang kesulitan biaya sekolah, dilarang ikut ujian sekolah, dan bahkan ijazahnya ditahan.

Sistem PPDB SMA/SMK ini yang menurut Anggota Legislatif Dapil Kota Surabaya tersebut harus dievaluasi dan diperbaiki ke depannya.

Baca Juga:   Baitul Arqam Teguhkan Nilai dan Pedoman Hidup Sivitas Akademika UMM

“Jangan sampai ada siswa di Surabaya yang tidak bisa lanjut sekolah di SMA/SMK karena masalah biaya,” ujar Yordan Batara Goa, Minggu (16/07/2023).

“Tiap anak berhak untuk bersekolah di jenjang SMA/SMK agar bisa hidup sejahtera. Persentase afirmasi keluarga miskin dalam PPDB harus lebih besar,” katanya.

“Bagi siswa keluarga miskin yang akhirnya harus masuk SMA/SMK swasta, juga harus mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi,” sambung Politisi PDI Perjuangan ini.

Baca Juga:   Sah! Ini Susunan Pengurus Pemuda PGIW Jatim Periode 2023-2028

Hal ini disampaikan Yordan dalam Reses II Tahun 2023, titik lokasi kedua yang diselenggarakan di Balai RW 01 Klampis Ngasem, Sukolilo, Surabaya. 

Dalam kesempatan yang sama Yordan Batara Goa juga memberikan partisipasinya sebesar Rp. 5.000.000.

Hal itu untuk peningkatan sarana pendidikan di Pos PAUD Terpadu Harapan Bangsa Klampis Ngasem RW. 01, yang diterima langsung oleh Ketua RW dan Bunda PAUD. (***)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *