banner 728x250

Kementerian ATR/BPN Komitmen Perbaiki Internal Hindari Jajaran Terlibat Mafia Tanah

Gedung Kementerian ATR/BPN. (Foto: ist)

JAKARTA – Seperti diketahui, sindikat mafia tanah bekerja secara terstruktur. Beberapa modus yang pada umumnya digunakan, yaitu pemalsuan berkas atau sertipikat, menggugat melalui pengadilan, melakukan penguasaan tanah secara fisik oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tak dipungkiri, dalam menjalankan modus operandi tersebut, masih ditemukan keterlibatan jajaran dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

banner 336x280

“Apa yang dilakukan aparat penegak hukum dalam hal ini Satuan Tugas (Satgas) Anti-Mafia Tanah adalah sebuah fakta hukum yang tidak perlu kami dari ATR/BPN defensif,” ujar Raja Juli Antoni, Wamen ATR/BPN saat wawancara secara daring pada program “Sapa Indonesia Malam” Kompas TV, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga:   Sambangi KLHK, Elemen Masyarakat Penggiat Perhutanan Sosial Tegaskan Dukung Kebijakan KHDPK

Oleh sebab itu, untuk menghindari keterlibatan jajaran dalam sindikat mafia  tanah, Kementerian ATR/BPN tentu berkomitmen dalam perbaikan internal.

Selain itu, Raja Juli Antoni mengungkapkan, dalam 34 hari mulai kerjanya di Kementerian ATR/BPN, sejatinya ia bertemu dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki komitmen, dedikasi, loyalitas yang tinggi.

“Maka Pak Menteri juga katakan kalau seandainya terjadi, orangnya benar, tetapi masih terseret juga dalam kasus hukum, maka Pak Menteri akan pasang badan melakukan proteksi kepada teman-teman yang sudah bekerja secara prosedural,” ungkapnya.

Baca Juga:   Warga Malang Banjiri Rise And Shine Kayutangan Heritage

Lebih lanjut, Wamen ATR/BPN menuturkan bahwa yang paling penting dilakukan mengaktifkan peran Inspektorat Jenderal Kementerian ATR/BPN dalam melakukan kontrol dan evaluasi internal.

“Sehingga tercipta good governance, soal transparansi, akuntabel, menghilangkan pungutan liar (pungli), termasuk pelayanan masyarakat yang cepat, efektif dan efisien,” pungkas Raja Juli Antoni.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *