banner 728x250

Semarakkan HUT RI ke-79, Mahasiswa KKN Unikama dan Kartar Desa Tamanharjo Malang Gelar Upacara Bendera

Mahasiswa KKN Unikama Gelar Upacara Bendera Dalam Rangka HUT RI ke-79 di Desa Tamanharjo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Sabtu (17/08/2024).

RUBRIKA – Mahasiswa KKN Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-79 di Desa Tamanharjo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Sabtu (17/08/2024).

Acara 17-an yang sukses digelar dan berjalan hikmat itu berkat kolaborasi antara Mahasiswa KKN Unikama dan Karang Taruna (Kartar) “Braja Muda Bonagung”.

banner 336x280

Upacara pengibaran bendera itu dilaksanakan di lapangan RW02/RT07 Desa Tamanharjo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Warga sekitar, tak peduli tua ataupun muda, begitu antusias mengikuti upacara tersebut dengan menggunakan busana adat jawa.

Ketua RW 02, Dian Bagus Aryanto bertindak sebagai Pembina upacara. Acara itu berlangsung dengan sukses dan meriah.

Baca Juga:   Menko PMK Minta Sivitas Akademika UMM Tingkatkan Kepekaan Sosial

“Kita semua adalah harapan masa depan bangsa ini, dipundak kalianlah kami sandarkan tanggungjawab untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan banyak karya,” pungkas Dian Bagus Aryanto.

“Kemerdekaan yang kita rasakan bukanlah warisan yang dapat kita abaikan, oleh karena itu di usia yang ke-79 ini, kita harus terus mengobarkan semangat juang, menguatkan persatuan, dan memperkokoh gotong royong untuk bersama menjaga nilai-nilai Pancasila dan membangun Indonesia yang lebih maju adil dan makmur,” sambungnya.

Dian menambahkan, bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa para pahlawannya dan tidak melupakan sejarah, namun lebih besar lagi adalah bangsa yang terus melangkah kedepan dengan visi yang jelas dan tekad yang bulat.

Baca Juga:   Jelang Laga Persahabatan Arema FC Vs PSIS Semarang, Polres Malang Perketat Pengamanan

“Indonesia ada di tangan kita semua mari kita jadikan negeri ini sebagai surga bagi setiap anak bangsa,” pungkas pria yang akrab disapa Dian itu.

Setelah upacara pengibaran bendera selesai warga RW 02 melanjutkan acara berikutnya yaitu jalan sehat yang diikuti oleh seluruh warga RW 02.

Mereka menampilkan lakon pendek tentang perjuangan para pahlawan nasional yang mengingatkan seluruh warga akan pentingnya menjaga kemerdekaan yang diperjuangkan serta menampilkan kekhasan budaya dan profesi masing-masing.

“Suasana 17 Agustus saat ini sangat meriah apalagi kita bisa langsung berbaur dengan warga RW 02 Desa Tamanharjo ini,” pungkas Nemesius Sunarjo, Kordinator Kelompok KKN Unikama.

“Kita boleh berbeda, tapi kita semua sama dalam semangat kemerdekaan. Mari kita lanjutkan perjuangan ini dengan saling mendukung dan terus berkolaborasi dengan masyarakat untuk indonesia lebih maju, mandiri dan makmur agar tercapainya amanat UUD 1945,” sambungnya.

Baca Juga:   Bupati Malang Sanusi Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur KEK Singhasari

Nemesius berharap dengan semangat kemerdekaan ini masarakat bisa memetik kobaran api semangat dari para founding father atau pendiri bangsa untuk Indonesia Emas 2045.

Sebelumnya, kolaborasi antara Mahasiswa KKN Unikama dan Karang Taruna “Braja Muda Bonagung” telah berjalan dengan beberapa rangkaian kegiatan.

Hasil kolaborasi itu mengadakan perlombaan yang berlangsung pada tanggal 11 Agustus. Adapun lomba lomba yang dimaksud yakni: makan kerupuk, balon goyang, estafet kelereng, dan puncaknya pada tanggal 17 Agustus 2024, upacara bendera dan ditutup dengan jalan sehat. (***)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *