banner 728x250

PWI Adalah Organisasi Profesi, yang Tak Berprofesi Wartawan Diharap Mundur dari Porwanas

Logo Porwanas XIV Kalimantan Selatan. (Foto: Ist)

RUBRIKA – Gonjang-ganjing perihal Porwanas (Pekan Olahraga Wartawan Nasional) masih berkelanjutan. Khususnya yang berkegiatan di insan pers Jawa Timur (Jatim).

Ini karena adanya dugaan susupan pemain non wartawan di tim futsal SIWO PWI Jatim. Padahal sejatinya ajang yang mengucurkan dana dari APBD murni ini untuk sebagai hajatan dari wartawan.

banner 336x280

“Waktu awal UKW (Uji Kompetensi Wartawan) dan menjalani OKK (Orientasi Keorganisasian dan Kewartawanan) saya ingat pesan mendalam dari Ketua PWI Jatim pak Lutfi,” terang salah satu anggota PWI Jatim yang enggan disebutkan namanya.

Baca Juga:   Jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh Tewas Ditembak Pasukan Israel 

“Pesan Pak Lutfi saat itu merasa miris dengan kondisi sekarang. Dimana ada pekerja biasa di jalan tetiba bisa memiliki kartu pers dan mengaku sebagai wartawan,” lanjutnya.

Padahal orang yang mengaku sebagai wartawan tersebut memang tidak memiliki background yang jelas. Serta diragukan kemampuan jurnalistik maupun wawasan keilmuannya.

Namun sayang belakangan ini dalam atlet-atlet Porwanas yang hendak diberangkatkan dari Jatim ditemukan beberapa fakta yang miris. Yaitu, perihal adanya pekerja non media yang disusupkan menjadi atlet Porwanas.

Baca Juga:   Ikuti Porprov Jatim, Atlet Basket Kota Batu Optimis Sumbang Medali

“Sangat disayangkan karena wartawan adalah sebuah pekerjaan profesi. Jika masuk dalam organisasi tentu kumpulan dari orang yang intelektual,” tegasnya.

Terlebih lagi ada oknum honorer dari kedinasan Pemprov Jatim yang merasa memiliki kewenangan mutlak seolah organisasi SIWO PWI adalah milik pribadi. “Ini harus ditertibkan dari dinas yang bersangkutan,” imbuhnya.

Dirilis dari Kominfo Jatim, PWI Jatim mematok target 10 medali emas di ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) yang akan digelar di Kalimantan Selatan, bulan Agustus 2024 mendatang.

Baca Juga:   Buntut Piala Dunia U-20 Batal, Indonesia Dapat Kartu Kuning dari FIFA

“Harapan kita, perolehan medali di Porwanas Kalsel nanti lebih baik dari yang di Malang saat kita tuan rumah. Di Porwanas Kalsel 2024 pada bulan Agustus nanti, kita memiliki target 10 medali emas dari enam cabor dan Karya Jurnalistik yang kita ikuti,” kata Wakil Ketua PWI Jatim, M. Sokip dalam rapat persiapan bersama koordinator cabor di Graha PWI Jatim, Selasa (25/6/2024) siang. (***)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *