banner 728x90

Puti Guntur Soekarno: Pemerintah Harus Punya Political Will untuk Majukan Kebudayaan

Anggota DPR RI Komisi X, Puti Guntur Soekarno menekankan pentingnya idealisme dalam merawat seni budaya. (Foto: Rubrika)
banner 468x60

RUBRIKA – Anggota DPR RI Komisi X, Puti Guntur Soekarno menekankan pentingnya idealisme dalam merawat seni budaya.

Hal itu diungkapkannya di hadapan ratusan seniman di Kota Surabaya dalam acara BISAFEST “Ragam Kreasi Seni Jawa Timur” yang diadakan Kemenparekraf RI di Hotel Movenpick, Sabtu (20/7/2024).

banner 336x280

“Tanpa idealisme seni itu akan hilang dari permukaan bumi Indonesia. Tanpa idealisme, seni tidak akan berkembang, idealisme itu perlu,” kata Puti Guntur Soekarno.

Selain itu, menurutnya, Indonesia harus melakukan penetrasi kebudayaan, bukan sekadar memperkenalkan. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan kemauan politik (political will) dari pemerintah untuk memajukan kebudayaan.

Ia juga menyoroti pentingnya memiliki rencana induk (blueprint) kebudayaan yang bersifat jangka panjang dan tetap, bahkan ketika pergantian kepemimpinan negara terjadi.

“Pemerintah harus memiliki political will untuk memajukan kebudayaan. Harus ada blueprint, untuk tata aturan tetap jangka panjang dalam pelestarian dan pengembangan kebudayaan ini,” jelasnya.

“Sederhananya, kita memiliki platform kebudayaan yang sampai 30 tahun ke depan, ataupun sampai ganti pemimpin negara pun, tata aturannya tidak berubah,” lanjutnya.

Politisi PDI Perjuangan tersebut memberikan contoh konkret mengenai bagaimana sebuah negara dapat fokus pada elemen-elemen kebudayaan tertentu untuk mencapai kesuksesan internasional.

Ia mengambil contoh Korea Selatan. Awalnya Korea Selatan hanya fokus pada dua aspek, yaitu film dan musik, dan memberikan dukungan penuh dari pemerintah selama 30 tahun.

“Contohnya, di Korea Selatan, di sana awalnya hanya punya dua yang menjadi fokus, yaitu film dan musik. Selama 30 tahun semua hal yang menunjang dua hal tersebut mendapatkan support penuh dari pemerintah. Oleh karenanya saat ini Korea Selatan maju, baik pariwisata, fashion, hingga kuliner. Karena fokus dua dan akhirnya semua terangkat. Kita bisa belajar hal tersebut dari Korea Selatan,” tuturnya.

Perempuan yang akrab disapa Mbak Puti itu juga menekankan, pembangunan kebudayaan tidak hanya terkait dengan pembangunan fisik seperti sarana prasarana dan gedung, tetapi juga mencakup pembangunan spiritual dan karakter bangsa.

Menurutnya, pembangunan karakter dan kebudayaan merupakan aspek penting dalam nation and character building.

“Yang menjadi titik tekan kita adalah pembangunan itu tidak hanya sarana prasarana, ataupun gedung, tetapi juga spiritual dalam artian ini kebudayaan juga. Nation and character building itu penting,” tegasnya. (***)

banner 336x280
banner 728x90
Exit mobile version