banner 728x90

Bupati Malang Sanusi Panen Raya Ikan Nila di Desa Sumberngepoh Lawang

Bupati Malang H.M Sanusi menghadiri Panen Raya Ikan Nila dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Pokdakan Mina Makmur Wisata Krabyakan, Desa Sumberngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Selasa (29/8). (Foto: Ist)
banner 468x60

RUBRIKA, MALANG – Bupati Malang H.M Sanusi menghadiri Panen Raya Ikan Nila dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Pokdakan Mina Makmur Wisata Krabyakan, Desa Sumberngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Selasa (29/8).

Bupati Malang Sanusi mengatakan bahwa panen perdana ikan ini menandakan bahwa masyarakat berhasil membudidayakan ikan konsumsi dengan baik. 

banner 336x280

Bupati Malang Sanusi juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Mina Makmur, Pemerintah Desa Sumberngepoh dan seluruh pihak terkait, atas terselenggaranya kegiatan Panen Raya Ikan Nila pada momen ini.

“Mudah-mudahan, kerja keras para petani ikan dalam mengembangkan komoditas air tawar di wilayah ini, dapat membawa keberkahan, kesejahteraan, juga kemakmuran bagi seluruh lapisan masyarakat Desa Sumberngepoh, Kecamatan Lawang dan Kabupaten Malang pada umumnya,” ujar Bupati Malang.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Kabupaten Malang dianugerahi dengan khazanah kekayaan alam yang luar biasa. Tidak terkecuali pada sektor perikanan. 

Di mana sebagai wilayah agraris, Kabupaten Malang merupakan salah satu kawasan penyangga swasembada pangan di Jawa Timur. 

Mengacu pada data Dinas Perikanan Kabupaten Malang, dapat disampaikan total produksi ikan tawar pada tahun 2022 mencapai 10.415,74 ton dengan total panen pada komoditas ikan nila sebesar 4.614,04 ton. 

Sementara sampai pada Bulan Juli tahun 2023, total produksi ikan air tawar mencapai 6.122,06 ton dengan hasil panen komoditas ikan nila sebanyak 2.745,80 ton. 

Pada hari ini, Pokdakan Mina Makmur telah membuktikan komitmennya dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah. 

Keberhasilan ini, tentunya juga tidak terlepas dari semangat pantang menyerah, inovasi, serta kolaborasi yang erat antara para pembudidaya ikan dengan stakeholders terkait. 

“Oleh karena itu, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para petani ikan air tawar di Desa Sumberngepoh yang telah bekerja keras untuk mencapai hasil yang gemilang ini,” kata Sanusi.

“Penghargaan juga disampaikan kepada segenap tim pendukung, tenaga ahli serta pihak terkait yang telah berperan dalam membimbing, memberikan pengetahuan serta dukungan teknis kepada petani ikan di Desa ini,” sambung Politisi PDI Perjuangan itu.

Selanjutnya, Bupati Malang berharap agar terus menjaga semangat kebersamaan dengan meningkatkan kualitas juga kuantitas budidaya ikan air tawar di Kabupaten Malang.

Bupati Malang berharap, momentum panen raya ini dapat mempererat tali silaturahmi, bertukar pengalaman dan saling belajar demi kemajuan sektor perikanan juga kesejahteraan masyarakat. (***)

banner 336x280
banner 728x90
Exit mobile version