banner 728x90

Sinergi Wasbang dan MLKI, Yordan Batara Goa: Negara Harus Hadir dan Memenuhi Hak-hak Penghayat

Seminar Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Anggota DPRD Jatim Yordan Batara Goa dengan MLKI.
banner 468x60

RUBRIKA, SURABAYA – Anggota DPRD Jatim Yordan Batara Goa menegaskan bahwa negara harus adil dan mengayomi para penghayat.

Hal ini disampaikannya saat menjadi narasumber acara Wawasan Kebangsaan (Wasbang) DPRD yang bersinergi dengan Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI) Jatim.

banner 336x280

Menurut anggota Fraksi PDI Perjuangan itu, keberadaan umat penghayat sudah dijamin dalam pasal 29 ayat 2 UUD 1945.

Oleh karena itu, menurut Yordan, negara harus mengayomi dan berlaku adil. Hak-hak penghayat harus dipenuhi.

“Mulai dari hak administrasi kependudukan, hak beribadah, memiliki rumah ibadah, hingga pelajaran pendidikan penghayat di sekolah. Tidak boleh ada diskriminasi lagi,” tegas pria yang juga Dosen Pancasila ini.

Dalam acara yang dihadiri 120-an perwakilan penghayat dari 26 aliran kepercayaan yang ada di Surabaya dan sekitarnya ini, Yordan menyatakan kesiapannya melakukan advokasi jika ada penghayat yang mendapat diskriminasi. 

“Jika ada yang mengalami diskriminasi, silakan kontak saya langsung. Nomor WA saya sudah saya bagikan. Jadi tidak perlu susah susah mendatangi saya. Langsung telepon saya saja,” tegasnya.

Seminar Wawasan Kebangsaan Anggota DPRD Jatim, Yordan Batara Goa.

“Saya juga akan mendorong Pemerintah Provinsi memberikan perhatian khusus. Termasuk struktur di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata agar mengakomodir kebutuhan Penghayat,” sambung Yordan yang juga Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim itu.

Pada akhir paparannya, Yordan juga mendorong generasi muda penghayat untuk aktif berperan.

“Masa depan bangsa ini tergantung generasi muda. Oleh karena itu, ayo generasi muda penghayat. Ayo aktif bergerak membumikan Pancasila. Jangan sampai kalah dengan mereka yang intoleran dan radikal,” bebernya.

Dalam acara tersebut, turut hadir Anang Yulianto Presidium MLKI Jawa Timur, memberikan materi tentang sejarah dan eksistensi organisasi penghayat.

banner 336x280
banner 728x90
Exit mobile version