banner 728x90

Vladimir Putin Kirim Bantuan Rudal Balistik Bertenaga Nuklir ke Belarusia

Ilustrasi Rudal Iskander-M. (Foto: BBC)
banner 468x60

RUBRIKA – Dalam menghadapi perang yang terjadi di Eropa saat ini, Rusia kembali mencari dukungan dari negara-negara sekutunya.

Dikabarkan bahwa kali ini Rusia akan mentransfer sistem rudal Iskander-M berkemampuan nuklir ke sekutunya Belarusia selama beberapa bulan mendatang, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada hari Sabtu (25/05/2022) lalu.

banner 336x280

“Bahwa sistem rudal dapat menggunakan rudal balistik dan jelajah, baik dalam versi konvensional maupun nuklir,” ucap Putin kepada Presiden Belarusia Alexander Lukashenko pada pertemuan di St. Petersburg. 

Penguasa Kremlin tersebut juga menjelaskan bahwa modifikasi pesawat Su-25 memiliki kemampuan tersendiri dan tak perlu berupaya menandingi kekuatan penerbangan AS. 

“Tidak perlu untuk menandingi penerbangan AS dan menyarankan Belarusia dapat memodifikasi pesawat Su-25-nya sendiri agar berkemampuan nuklir,” lanjutnya dilansir dari CNN.

“Modernisasi ini harus dilakukan di pabrik-pabrik pesawat di Rusia, tetapi kami akan setuju dengan anda tentang bagaimana melakukan ini. Dan karenanya, mulailah melatih awak pesawat,” tambahnya. 

Perlu diketahui Iskander-M adalah sistem rudal balistik jarak pendek buatan Rusia yang dapat membawa hulu ledak konvensional atau nuklir dengan jangkauan maksimum hingga 500 kilometer (310 mil).

banner 336x280
banner 728x90
Exit mobile version