banner 728x90

Sri Untari: Pangan Berdaulat, Negara Kuat dan Rakyat Makmur

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur, Dr. Sri Untari Bisowarno, mengatakan, Rakernas IV PDI Perjuangan dengan tema “Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat” mengusung semangat kemandirian dan kemakmuran.
banner 468x60

RUBRIKA – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur, Dr. Sri Untari Bisowarno, mengatakan, Rakernas IV PDI Perjuangan dengan tema “Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat” mengusung semangat kemandirian dan kemakmuran.

“Kedaulatan pangan itu merupakan bagian dari upaya memandirikan pangan kita. Jika pangan kita berdaulat, maka negara menjadi sangat kuat. Mengapa? Karena rakyatnya makmur,” ujarnya di Jakarta, Kamis (28/9/2023).

banner 336x280

“Untuk itu, DPP mengusung tema kedaulatan pangan untuk rakyat. Itu merupakan tema yang sangat sentral, sangat relevan dengan situasi dan kondisi hari ini,” imbuhnya.

Untari juga menekankan, kedaulatan dan ketahanan pangan merupakan dua terminologi yang berbeda. Ketahanan pangan menekankan pada terpenuhinya kebutuhan pangan, meski dari bahan impor.

“Kalau kedaulatan pangan itu berarti kita mampu mencukupi pangan kita sendiri, dengan memperhatikan dan memfokuskan sumber pangan kita,” tuturnya.

Karena itu, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur (Jatim) itu juga memberikan catatan penting terhadap gelaran Pangan Plus Expo 2023 di arena Rakernas IV PDI Perjuangan, di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

Menurutnya, gelaran produk pertanian yang melibatkan ratusan petani itu akan menjadi wadah strategis untuk memberikan ruang eksposure bagi mercusuar tanaman pangan di Indonesia.

“Di situlah, letak strategisnya pameran itu, yaitu untuk bisa mengeksposure mercusuar-mercusuar tanaman pangan di Indonesia, yang oleh para kepada daerah dibina, dan kemudian dilakukan upaya-upaya untuk merawatnya dengan baik, memproduksi dengan baik, kemudian mengekspansinya,” terangnya.

“Ini menjadi bagian dari upaya untuk melihat keberhasilan pemerintahan daerah yang dipimpin PDI Perjuangan,” lanjutnya.

Dalam konteks Jawa Timur, tambah Untari, ada beberapa daerah yang menjadi lumbung beras, seperti Malang, Banyuwangi, Lamongan, dan lainnya. Tapi ia juga mengingatkan ancaman El Nino yang akan berpengaruh terhadap kondisi pangan.

“Nah, El Nino ini juga mempengaruhi ketahanan pangan, karena banyak daerah kekeringan sehingga ketika penanaman padi airnya kurang, itu juga berdampak kepada panen padi yang juga berkurang,” katanya.

“Kita berupaya dengan sepenuhnya, dengan pameran ini akan diberikan sebuah eksposure bagi kita, PDI Perjuangan, bahwa semua kader-kader PDI Perjuangan melaksanakan perintah ibu ketua umum untuk menjadi pioneer dalam ketahanan dan kedaulatan pangan,” sambung Untari.

“Dalam hal tesebut, Jawa Timur siap untuk itu. Itu tidak lepas dari kondisi Jawa Timur yang empat puluh persen masih pedesaan,” tandasnya.

Rakernas IV PDI Perjuangan yang dipusatkan di JI Expo Kemayoran akan berlangsung selama 3 hari, 29 September-1 Oktober 2023.

Acara rakernas tersebut akan dibuka langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Prof. (HC) Hj. Megawati Sukarnoputri, dan dihadiri ribuan kader PDI Perjuangan dari berbagai pelosok Indonesia. (***)

banner 336x280
banner 728x90
Exit mobile version