banner 728x90

Xi Jinping Ingatkan Amerika Serikat Jangan Bermain Api atas Taiwan 

Kolase Foto Joe Biden dan Xi Jinping. (Sumber: The Guardian)
banner 468x60

RUBRIKA.CO.ID – Presiden China Xi Jinping memperingatkan Joe Biden selaku Presiden Amerika Serikat agar tidak “bermain dengan api” atas Taiwan.

“Mereka yang bermain api akan binasa karenanya. Diharapkan AS akan melihat dengan jelas tentang ini,” tegas Xi Jinping dikutip dari The Guardian, Jumat (27/07/2022). 

banner 336x280

Dia juga mendesak AS untuk menerapkan tiga komunike bersama yang menjadi landasan hubungan kedua negara “baik dalam perkataan maupun perbuatan”. 

Berdasarkan informasi yang didapat, Xi Jinping bersumpah “dengan tegas” untuk menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial China dan mengatakan ini adalah “keinginan tegas lebih dari 1,4 miliar orang China”.

Ini bukan pertama kalinya Xi Jinping menggunakan bahasa seperti itu untuk mencegah Washington mendukung Taipei secara terbuka.

November lalu, Xi Jinping juga memperingatkan presiden AS dalam pertemuan puncak virtual bahwa China siap untuk mengambil langkah-langkah tegas jika Taiwan membuat langkah apapun menuju kemerdekaan yang melintasi garis merah Beijing.

banner 336x280
banner 728x90
Exit mobile version