banner 728x90

UMM dan IPM Gelar Kopdarnas, Beri Pemahaman Literasi Digital pada Pelajar

Wakil Rektor III UMM Dr. Nur Subeki sedang memberikan sambutan pada peringatan Kopdarnas Media. (Foto: Ist)
banner 468x60

MALANG – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan Lembaga Media dan Komunikasi Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammdiyah (PP IPM) menggelar Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) Media, akhir Juni lalu.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari dan diikuti oleh puluhan peserta dari 13 (tiga belas) provinsi. Dengan materi dan pelatihan strategi media. Sejumlah pemateri turut dihadirkan untuk memberikan pemahaman terkait media plan, branding personal dan organisasi, serta analisis data.

banner 336x280

Staf Khusus Komunikasi Publik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga dalam kesempatan ini mengatakan, literasi digital dan menjadi aktivis sukses harus menjadi salah satu tujuan anak muda saat ini.

“Untuk menjadi aktivis yang sukses, anak muda harus pintar memanajemen waktu. Begitupun dengan upaya untuk terus membagikan ilmu. Paling tidak, kalau tidak bisa membanggakan orang tua, minimal jangan mengakhawatirkan mereka. Tapi saya yakin, teman-teman di sini punya potensi yang bisa dikembangkan agar bisa membaggakan keduanya,” katanya.

Senada dengan Arya, Wakil Rektor III UMM Dr. Nur Subeki mengatakan, ada tiga bekal yang harus dimiliki oleh pelajar. Pertama, harus mampu mengantisipasi ketidakpastian. Kedua, memiliki kemampuan memimpin dimulai dari diri sendiri. Kemudian yang terakhir, memiliki kepercayaan pada rekan yang nantinya bisa diajak kolaborasi. 

“Kalau tiga aspek itu bisa dimiliki dan diimplementasikan dengan baik, saya yakin Indonesia tidak akan kekurangan generasi penerus bangsa yang mumpuni,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan, anak muda harus bisa memainkan media. Kalau tidak, media yang akan menggerus dan mengalahkan generasi baru. Ketika bisa menggunakan media dengan baik, maka kepercayaan publik akan bisa didapat.

Sementara itu, Ketua Umum PP IPM Nashir Efendi mengatakan, semua pelajar Muhammadiyah memiliki kesempatan untuk berkarya di media digital. Kader Muhammadiyah harus militan dan selalu berupaya memenangkan narasi Muhammadiyah di aspek digital. Diiringi dengan konsistensi buzzer yang positif dan influencer yang inspiratif. 

“Teman-teman disini memiliki kesempatan yang sama dalam rangka berkontribusi di media digital. Selamat untuk bersatu, berpadu menjalin ukhuwah dalam Kopdarnas 2022,” singkatnya.

banner 336x280
banner 728x90
Exit mobile version