banner 728x90

Mahasiswa KKN Unikama Melakukan Reboisasi di Desa Tamanharjo Kabupaten Malang

Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) melakukan reboisasi di Desa Tamanharjo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.
banner 468x60

RUBRIKA – Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) melakukan reboisasi di Desa Tamanharjo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Desa Tamanharjo merupakan salah satu desa penempatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata atau KKN dari kampus Unikama.

banner 336x280

Kelompok Mahasiswa KKN yang ditempatkan di Desa Tamanharjo sendiri terdiri dari 33 mahasiswa yang berasal dari berbagai prodi dan diturunkan KKN pada tanggal 1 Agustus 2024. 

Sebelum melaksanakan KKN, kelompok mahasiswa Unikama tersebut melakukan observasi terlebih dahulu di Desa Tamanharjo untuk menemukan potensi-potensi yang perlu dikembangan di Desa Tamanharjo.

Setelah observasi dilakukan kelompok Mahasiswa KKN tersebut menemukan beberapa potensi yang dapat dilakukan untuk kepentingan jangka panjang dari Desa Tamanharjo itu sendiri, diantaranya melakukan penghijauan kembali pada beberapa titik Desa Tamanharjo.

“Dengan hasil observasi yang kita lakukan dalam waktu kurang lebih satu minggu itu cukup untuk menjadikan dasar kita dalam menyusun program kerja yang kita jalankan selama KKN,” ujar Nemesius Sunarjo, Koordinator Mahasiswa KKN Desa Tamanharjo, Kamis (15/08/24).

Berdasarkan hasil observasi tersebut Mahasiswa KKN Unikama meluncurkan beberapa program kerja salah satunya yaitu Reboisasi atau penghijauan.

“Dengan melihat kondisi wilayah yang dikategorikan cenderung perkotaan dan penuh pemukiman masyarakat, penataan ruang terbuka hijau menjadi salah satu program yang dapat dilakukan oleh mahasiswa KKN Unikama,” pungkas Nemesius Sunarjo.

Lokasi target yang ingin dilaksanakannya penghijauan oleh mahasiswa KKN Unikama tersebut terdiri dari 2 titik yakni di SDN 2 Tamanharjo dan lokasi yang berada di belakang balai Desa Tamanharjo. 

Tentunya pemilihan lokasi yang dilakukan oleh para mahasiswa KKN tersebut bukan tanpa alasan melainkan dengan melihat keadaan di SDN 2 Tamanharjo yang memang masih mempunyai lahan kosong untuk dilakukan penghijauan serta lahan dalam kondisi masih gersang. 

Mahasiswa Unikama memanfaatkan kondisi tersebut untuk melakukan penghijauan lingkungan sekolah tersebut. 

Berangkat dari kondisi tersebut para Mahasiswa KKN Unikama langsung menyampaikan ide ini kepada Kepala Sekolah SDN 2 Taman Harjo dan Ide tersebut diterima baik.

Selanjutnya Kepala Sekolah menunjukkan beberapa lokasi yang diharapkan oleh beliau untuk dapat dilakukan penanaman tanaman hijau sesuai dengan yang diprogramkan oleh kelompok KKN tersebut. 

Berdasarkan lokasi yang diarahkan oleh kepala sekolah, kelompok Mahasiswa KKN Unikama memilih beberapa lokasi yang cukup strategis dan layak untuk ditanami dengan tumbuh-tumbuhan yang cocok pula dengan keadaan sekolah tersebut diantaranya anakan tanaman Pucuk Merah, anakan pohon sukun serta beberapa bunga hias untuk mewarnai taman tersebut.

Lokasi kedua yang menjadi target pelaksanaan penghijauan berada di belakang Balai Desa Tamanharjo. 

Berbeda dengan lokasi pertama yang ditanami dengan tanaman bunga, pada lokasi yang kedua ini dilakukan penghijauan dengan penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

“Tanaman tersebut dapat digunakan bukan hanya oleh perangkat desa tetapi juga oleh seluruh masyarakat ketika berkunjung ke kantor Desa Tamanharjo,” kata Nemesius.

Kelompok Mahasiswa KKN Unikama bersama beberapa perangkat desa secara bersama-sama dan semangat gotong royong melakukan penghijauan pada titik yang telah disepakati secara bersama.

“Kepala desa serta aparat desa sangat mendukung akan adanya penanaman TOGA di sekitar kantor Desa Tamanharjo tersebut. Karena Tanaman ini kemudian dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang dapat dibuat dengan mudah,” Nemesius Sunarjo. (***)

banner 336x280
banner 728x90
Exit mobile version