banner 728x90

Rusia Akan Serang Donetsk Setelah Berhasil Taklukkan Kota Lysychansk di Ukraina

Asap mengepul setelah penembakan selama konflik Ukraina-Rusia di Donetsk, Ukraina 4 Juli 2022. (Foto: REUTERS/Kazbek Basayev)
banner 468x60

RUBRIKA – Rusia berhasil menaklukan Kota Lysychansk, Ukraina pada hari Minggu (3/07). Penaklukan Rusia atas Luhansk, yang merupakan salah satu dari dua wilayah di Donbas, wilayah timur industri Ukraina tersebut telah menjadi tempat pertempuran terbesar di Eropa dalam beberapa generasi.

Saat ini pasukan Rusia mulai mengarahkan pandangan mereka pada tujuan mereka berikutnya di provinsi Donetsk timur Ukraina pada Selasa setelah Presiden Vladimir Putin mengklaim kemenangan di provinsi tetangga Luhansk dan perang yang berlangsung selama lima bulan. 

banner 336x280

Dilansir dari media internasional Reuters pada Selasa (5/07/2022), pasukan Ukraina telah mengambil garis pertahanan baru di Donetsk, di mana mereka masih menguasai kota-kota besar, sementara Putin mengatakan kepada pasukannya untuk “benar-benar beristirahat dan memulihkan kesiapan militer mereka”, sementara unit di daerah lain terus berjuang.

Pasukan Rusia menembaki Kota Sloviansk dan Kramatorsk semalam, menurut Pavlo Kyrylenko, Gubernur Donetsk.

“Mereka sekarang juga menjadi garis utama penyerangan musuh, tidak ada tempat yang aman tanpa penembakan di wilayah Donetsk,” jelas Pavlo dalam keterangannya kepada media. 

Sejak awal konflik, Rusia telah menuntut agar Ukraina menyerahkan Luhansk dan Donetsk kepada separatis pro-Moskow, yang telah mendeklarasikan negara bagian independen.

Dalam keterangan melalui video yang diposting secara online, penasihat Presiden Ukraina Zelenskyy, yakni Oleksiy Arestovych menegaskan bahwa serangan tersebut merupakan kemenangan terakhir Rusia. 

“Ini adalah kemenangan terakhir Rusia di wilayah Ukraina,” tegas Oleksiy Arestovych.

banner 336x280
banner 728x90
Exit mobile version