banner 728x90

Beri Sinyal ke Korea Utara, Kapal Induk AS Tiba di Korea Selatan

Kapal Induk AS Tiba di Korea Selatan
Sebuah kapal induk Amerika Serikat (AS) tiba di Korea Selatan pada Jumat (23/9) untuk pertama kalinya dalam empat tahun terakhir.
banner 468x60

BUSAN – Sebuah kapal induk Amerika Serikat (AS) tiba di Korea Selatan pada Jumat (23/9) untuk pertama kalinya dalam empat tahun terakhir.

Kapal induk ini akan bergabung dengan kapal militer lainnya dalam unjuk kekuatan yang dimaksudkan untuk mengirim pesan ke Korea Utara.

banner 336x280

Berdasarkan informasi yang dilansir Rubrika.co.id dari media internasional Reuters bahwa USS Ronald Reagan dan kapal-kapal dari kelompok penyerang yang menyertainya berlabuh di pangkalan angkatan laut di kota pelabuhan selatan Busan.

Kedatangannya menandai penyebaran paling signifikan namun dibawah dorongan baru untuk memiliki lebih banyak “aset strategis” AS yang beroperasi di daerah itu untuk menghalangi Korea Utara.

Laksamana Muda Michael Donnelly mengatakan kepada wartawan di atas kapal bahwa kunjungan tersebut telah lama direncanakan dan dirancang untuk membangun hubungan dengan sekutu Korea Selatan dan meningkatkan interoperabilitas antara angkatan laut.

“Kami meninggalkan pesan kepada para diplomat,” ucapnya ketika ditanya tentang sinyal ke Korea Utara.

Donnelly menambahkan bahwa latihan bersama dirancang untuk memastikan sekutu dapat menanggapi ancaman dimana saja dan kapan saja.

“Ini adalah kesempatan bagi kami untuk berlatih taktik dan operasi,” kata Donnelly.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol telah mendorong lebih banyak latihan bersama dan pertunjukan kekuatan militer lainnya sebagai peringatan kepada Korea Utara.

Yang tahun ini melakukan sejumlah rekor uji coba rudal setelah pembicaraan gagal membujuknya untuk mengakhiri pengembangan senjata nuklir dan misilnya.

banner 336x280
banner 728x90
Exit mobile version