banner 728x90

Pakar Menilai Puan Maharani Punya Kemampuan Memimpin Negeri

Ketua MPR RI, Puan Maharani. (Foto: Ist)
banner 468x60

JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani berharap ada lagi presiden perempuan di 2024.

Punya karpet merah, Puan Maharani dinilai ingin ‘unjuk gigi’ bisa maju di Pilpres 2024.

banner 336x280

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno melihat harapan Puan sebagai penegasan kaum perempuan punya kemampuan memimpin negeri.

Puan dinilai ingin publik memahami bahwa dirinya kekuatan maju sebagai calon pemimpin.

“Pertama, Puan ingin menghilangkan resistensi publik terhadap calon pemimpin perempuan. Selama ini publik melihat politik itu hanya urusan laki-laki sementara perempuan dianggap warga negara kelas kedua yang berada di bawah subordinasi laki-laki. Puan ingin menegaskan bahwa perempuan juga punya kualifikasi jadi pemimpin,” kata Adi, Jumat (26/8/2022).

Puan juga dinilai punya keistimewaan sebagai pimpinan partai dan ada darah Sukarno. Posisi politik Puan cukup strategis memimpin lembaga parlemen sehingga punya kekuatan.

“Kedua, tentu Puan ingin memperjuangkan nasibnya sendiri sebagai sosok yang juga pantas jadi calon presiden 2024. Dan itu rasional mengingat Puan adalah pewaris sah trah Soekarno, punya karpet merah, dan ketua DPR. Pada level itu Puan punya segala-galanya,” ujarnya.

Namun, di sisi lain Puan punya pekerjaan rumah (PR), utamanya menyangkut elektabalitas. Berbanding terbalik dengan Ganjar Pranowo, punya elektabilitas tinggi, namun tak punya posisi strategis di partai.

“PR terbesar Puan tentu pada level penerimaan publik, elektabilitasnya wajib naik. Karena di internal PDIP ada nama Ganjar yang elektabilitasnya menjulang tapi akses ke partai rada rumit. Sebelum belum ada keputusan resmi dari Megawati, siapapun masih berpeluang bisa diusung maju pilres dari PDIP. Antara Puan dan Ganjar,” imbuhnya.

Harapan Puan ada presiden perempuan lagi pada 2024 saat acara temu kader Srikandi PDIP digelar di GOR Way Handak, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (25/8). Sekitar 8.000 kader perempuan PDIP yang hadir menyambut Puan dengan hangat.

Mantan Menko PMK itu mengingatkan agar Srikandi PDIP untuk tidak melupakan kodratnya sebagi perempuan.

Sekalipun memiliki eksistensi di luar rumah, kata Puan, perempuan tetap harus menjaga perannya sebagai ibu dan istri.

“Kalau kita diberi kesempatan, diberi peluang, juga diberi izin dari rumah, pasti kita bisa jadi perempuan-perempuan hebat. Sudah ada buktinya nyata,” ucap Puan.

Singkat cerita, Puan mengungkapkan dukungan dari keluarganya yang membuat dia bisa sampai pada titik saat ini.

Puan pun memberi semangat kepada seluruh perempuan Indonesia, khususnya Srikandi PDIP agar berani mengejar cita-cita.

“Kalau satu perempuan punya cita-cita mendapat posisi di manapun dia berada, berarti perempuan lain pun pasti bisa. Di Lampung sudah banyak bupati perempuan. Kita juga punya banyak menteri perempuan, sudah ada wakil presiden perempuan, ada presiden perempuan,” katanya.

“Artinya Insyaallah 2024 akan ada lagi kepala daerah perempuan, menteri perempuan, presiden perempuan juga akan ada lagi Insyaallah. Tapi semua itu harus dengan perjuangan,” imbuh Puan.

banner 336x280
banner 728x90
Exit mobile version