banner 728x90

Diklat 3 in 1 Barista, Pacu Industri Pengolahan Kopi

Arus Gunawan, Kepala BPSDMI Kementerian Perindustrian Sampaikan Diklat 3 in 1 Barista, di Jakarta, Jumat (22/7/2022). (Foto: Ist)
banner 468x60

JAKARTA – Indonesia memiliki peluang yang besar dalam pengembangan industri pengolahan kopi, karena memiliki kekayaan sumber daya alam sebagai potensi bahan baku dan didukung pasar yang besar.

Oleh karena itu perlu upaya strategi seperti hilirisasi dalam rangka meningkatkan nilai tambah produk kopi Indonesia.

banner 336x280

“Selama ini, kebijakan hilirisasi industri telah memberikan multiplier effect yang luas bagi perekonomian nasional, mulai dari meningkatnya penerimaan devisa hingga penyerapan kerja,” kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI), Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan di Jakarta, Jumat (22/7/2022) lalu.

Hilirisasi industri bisa berjalan baik karena salah satunya ditopang SDM yang kompeten. “Kami optimistis industri nasional bisa lebih berdaya saing global. Apalagi industri merupakan motor penggerak utama perekonomian nasional,” tuturnya.

Guna menunjang kinerja industri pengolahan kopi, BPSDMI Kemenperin memiliki program Diklat 3 in 1 Pengolahan dan Penyajian Kopi (Barista).

Diklat 3 in 1 ini meliputi pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja di industri. “Peningkatan skill melalui Diklat 3 in 1 ini sangat diperlukan untuk menunjang industri pengolahan kopi yang cukup besar,” ujar Arus.

Pemerintah telah menetapkan industri makanan-minuman (mamin) menjadi salah satu dari tujuh sektor manufaktur yang diprioritaskan pengembangannya.

Kebijakan pengembangan industri pengolahan kopi yang telah dijalankan, antara lain melalui peningkatan roaster, dan penguji cita rasa (cupper).

“Selain itu, pemerintah terus mendorong para pelaku industri kopi nasional untuk memanfaatkan masa pandemi dengan berinovasi dan menciptakan nilai tambah melalui penguatan penerapan teknologi, sustainability, dan traceability,” imbuhnya.

banner 336x280
banner 728x90
Exit mobile version