banner 728x250

Perkuat Moralitas Bangsa, Tommy Kurniawan Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKB, Tommy Kurniawan mengadakan sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama masyarakat Kabupaten Bogor, Rabu (08/05/2024).

RUBRIKA – Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKB, Tommy Kurniawan mengadakan sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama masyarakat Kabupaten Bogor, Rabu (08/05/2024).

Sosialisasi empat pilar kebangsaan ini diadakan untuk memperkuat moralitas kebangsaan masyarakat dalam menjalankan nilai-nilai pancasila.

banner 336x280

Sosialisasi yang di selenggarakan di Aula Majelis Arrahma, Kecamatan Cibungbulang ini dihadiri oleh 150 peserta dari berbagai kecamatan di Kabupaten Bogor.

Sosialisasi yang di hadiri oleh berbagai elemen masyarakat Kabupaten Bogor ini menekankan masyarakat untuk paham dan juga dapat menjalankan nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD-1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam paparannya, Tommy Kurniawan mengatakan bahwa Pancasila merupakan moralitas bangsa yang harus terus di jaga

“Menjalankan Pancasila adalah bentuk kesetiaan, kepatuhan terhadap nilai dan norma yang mengikat kehidupan masyarakat, bangsa dan negara, yang secara singkat menjadikan Pancasila sebagai moral bangsa,” ujar Tommy Kurniawan.

Ketua Umum Garda Bangsa PKB ini juga mengatakan bahwa nilai-nilai Pancasila dapat menjadi pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Nilai-nilai moral yang terkandung dalam Pancasila dapat membantu seseorang menentukan apa yang benar atau salah, baik atau buruk, dan pantas atau tidak pantas dalam interaksi dengan orang lain. Nilai-nilai moral juga memberi pedoman bagi seseorang dalam mengambil keputusan dan bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip yang dianutnya,” pungkas Tomkur, sapaan akrabnya.

Tommy Kurniawan juga mengatakan bahwa jika masyarakat berpedoman pada Pancasila dalam kehidupan sosialnya maka akan menimbulkan dampak yang positif.

“Nilai moral yang terkandung didalam Pancasila dapat membantu memelihara keharmonisan dalam masyarakat dengan mengajarkan prinsip-prinsip toleransi, keadilan, dan kejujuran, apabila prinsip tersebut dapat di jaga maka akan tercipta keharmonisan sosial di masyarakat” ujar Tomkur.

Pada penutupnya, Tomkur juga menyampaikan bahwa nilai moral yang terkandung dalam Pancasila ini harus terus dijalankan dan diperkuat oleh seluruh elemen masyarakat.

“Berbicara untuk memperkuat nilai moral dalam Pancasila ini tentunya tidak hanya tugas saya saja, ini merupakan kewajiban seluruh masyarakat kapanpun dan dimanapun, semua ini demi menciptakan keharmonisan dalam bernegara,” tegas Tomkur. (***)