banner 728x250

Polling Rubrika: Siapa Calon Wali Kota Surabaya Periode 2024-2029 Pilihanmu?

Calon Wali Kota Surabaya
Siapa Calon Wali Kota Surabaya 2024 Pilihanmu? (Foto: Litbang Rubrika)

RUBRIKA – Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2024 kurang 7 bulan lagi, diketahui akan digelar pada 27 November 2024. Siapa saja nama-nama yang akan bertarung memperebutkan kursi L1?

Ada sejumlah nama yang berpotensi maju di Pilwali Surabaya 2024 atau Pilkada Surabaya 2024. Dengan berbagai profil dan visi yang dimiliki oleh para kandidat dibawah ini, siapakah tokoh pilihanmu yang layak dipilih menjadi Wali Kota Surabaya?

banner 336x280

Berikut profil singkat para tokoh:

1. Reni Astuti

Reni Astuti mulai menjabat wakil rakyat sejak tahun 2009. Tepatnya menjadi Anggota DPRD Kota Surabaya.

Di periode pertama berada di Komisi C yang membidangi Pembangunan. Di awal periode kedua ia masuk Komisi D yang membidangi Kesejahteraan Rakyat.

Lalu Komisi A yang membidangi Hukum dan Pemerintahan. Sedangkan di periode ketiga, perempuan kelahiran 29 Desember 1972 ini diberikan kepercayaan menjadi salah satu Pimpinan DPRD, sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya.

2. Eri Cahyadi

Eri Cahyadi adalah Wali Kota Surabaya saat ini, mulai menjabat sejak 26 Februari 2021.

Sebelumnya, ia adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya (2018-2020) dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya (2017–2018).

3. Musyafak Rauf

Musyafak Rauf adalah Ketua DPC PKB Kota Surabaya. Musyafak Rauf menjadi kader terkuat yang muncul ke permukaan untuk diusung.

Abah Syafak, sapaan Akrab Musyafak Rauf, menguat tidak hanya di tataran kader. Tapi, juga di elit PKB Surabaya.

Kepercayaan terhadap politisi senior ini karena Surabaya membutuhkan pemimpin yang paham seluk beluk Kota Surabaya. Mantan Wakil Pimpinan dan Pimpinan DPRD Kota Surabaya itu masuk kriteria tersebut.

4. Armuji

Armuji merupakan politisi PDI Perjuangan. Saat ini dia sedang menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surabaya bergandengan dengan Eri Cahyadi.

Armuji pernah menjabat sebagai anggota DPRD Surabaya dan Ketua DPRD Surabaya. Armuji lahir di Surabaya, Jawa Timur, 8 Juni 1965.

Armuji pernah menjabat Ketua DPRD Surabaya periode kedua sejak 17 September 2014. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Surabaya periode pertama sejak 2003 hingga 2004.

Selain berkiprah di bidang politik, Armuji juga aktif di bidang lain. Itu terbukti Armuji pernah menjadi Ketua Persatuan Atletik Indonesia.

Armuji adalah figur yang dikenal dekat dengan warga Kota Surabaya, terbukti dengan mengadakan program jaring aspirasi di rumah dinasnya setiap hari senin pagi.

Disitu, warga Kota Surabaya dipersilakan menyampaikan keluh kesah terkait pelayanan, administrasi sampai dengan fasilitas publik yang ada di Kota Surabaya.

Untuk memperoleh solusi dan tindak lanjut dari Wakil Walikota Armuji dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Surabaya Terkait.

Armuji juga tidak henti-hentinya mendukung perkembangan dan kemajuan daripada generasi muda di Kota Surabaya.

Terutama di bidang karya kreatif dimana Armuji sering mengadakan lomba grafis dan video kreatif untuk warga Surabaya.

Turut serta berperan dan mendukung perfilman lokal di series Loka Drama Lara Ati dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, Armuji selalu mempromosikan produk-produk UMKM milik warga Kota Surabaya melalui media sosialnya untuk membantu perekonomian dan potensi peningkatan jumlah lapangan pekerjaan.

5. Adi Sutarwijono

Pemilik nama lengkap Dominikus Adi Sutarwijono ini adalah Politikus PDI Perjuangan. Ia menjabat Ketua DPRD Kota Surabaya periode 2019–2024.

Sebelumnya ia menjabat sebagai anggota DPRD Surabaya selama dua periode yakni sisa masa jabatan 2009–2014 pada 2012 dan 2014–2019.

6. Fuad Bernardi

Nama anak Menteri Sosial Tri Rismaharini, Fuad Bernardi masuk dalam bursa Pilkada Kota Surabaya.

Fuad Bernardi juga mengaku siap ditugaskan di Pilwakot Surabaya jika namanya mendapatkan rekom dari DPP PDI Perjuangan.


7. Azrul Ananda

Azrul Ananda adalah seorang pengusaha. Dia adalah Presiden Persatuan Sepak bola Surabaya (Persebaya) sejak 2017.

Sebelumnya, Azrul yang akrab dipanggil Ulik adalah CEO dari Grup Jawa Pos atau Jawa Pos News Network (JPNN) dari tahun 2011, menggantikan CEO sebelumnya, Dahlan Iskan yang merupakan ayahnya sendiri.

8. Ahmad Dhani

Popularitas Ahmad Dhani Prasetyo tak perlu dipertanyakan lagi. Sebelum menjadi kader Partai Gerindra, musisi kelahiran Surabaya 26 Mei 1972 ini adalah pendiri band Dewa 19.

Pada Pemilu 2024, Ahmad Dhani lolos ke Senayan (DPR RI) dari Dapil Jatim 1 (Surabaya-Sidoarjo) mendampingi Bambang Haryo, pengusaha kapal dan kader senior Gerindra.

Melalui Dewa 19, Ahmad Dhani memiliki fans setianya bernama Bala Dewa. Tentu ini bisa menjadi modal politiknya untuk meraih suara.

9. Hedi Dediansya

Politisi Gerindra yang sebelumnya anggota DPRD Provinsi Jawa Timur ini namanya juga mulai disebut-sebut publik Kota Pahlawan ini.

Pada Pileg 2024 ini, Dedi tak lolos ke DPRD Jatim, dia kalah dengan Cahyo Haryo Prakoso di dapil 1 yang meliputi Kota Surabaya. Nama arek Suroboyo ini pun akan bersaing dengan politisi Gerindra yang lain.

10. Lucy Kurniasari

Nama Lucy Kurniasari cukup ‘menjual’ jika dimajukan lagi di Pilwali Surabaya 2024. Karir politiknya semakin moncer setelah menjadi anggota DPR RI dari Partai Demokrat pada Pemilu 2019.

Kini, Lucy Kurniasari kembali lolos ke Senayan (DPR RI) pada Pemilu 2024 dari Dapil Jatim 1 (Surabaya-Sidoarjo).

Selain menjadi anggota DPR RI, wanita kelahiran 4 Februari 1968 juga menjabat Ketua DPC Demokrat Surabaya. 

Menariknya, ia pernah maju di Pilwali Surabaya 2015 berpasangan dengan Rasiyo, mantan Kadiknas Jatim. Namun kalah melawan pasangan Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana.

11. Cahyo Haryo Prakoso

Ketua DPC Gerindra Surabaya yang juga anak kandung Bambang Haryo Soekartono (BHS) ini namanya mulai mencuat sebagai bacawali Surabaya. 

Setelah berhasil memperoleh suara terbanyak Caleg DPRD Provinsi Jatim. Dengan perolehan suara 94.149, alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga ini memperoleh suara terbanyak. Sebagai sosok muda, nama Cahyo cukup dikenal oleh Gen Z dan Milenial.

12. M. Sholeh 

Pengacara kondang ini pada Pilwali 2020 ingin maju lewat jalur independen namun gagal. Pada Pileg 2024, ia juga mencoba peruntungan maju sebagai Caleg DPR RI lewat Partai Nasdem namun gagal. Ia kalah dengan Lita Machfud Arifin.

13. Dyah Katarina

Wanita ini merupakan istri dari Bambang DH, mantan Wali Kota Surabaya dua periode sebelum Tri Rismaharini. Saat ini Dyah Katharina masih tercatat sebagai anggota DPRD Surabaya periode 2019-2024.

Sayangnya, pada Pemilu 2024, ia gagal lolos lagi ke DPRD Surabaya. Meski demikian, dua periode menjadi anggota DPRD dan dua periode pula menjadi Ketua Penggerak PKK selama mendampingi suaminya sebagai Wali Kota, tentu menjadi modal berharga.

14. Bambang Haryo Soekartono

Nama peraih suara terbanyak Caleg DPR RI Dapil Jatim I (Surabaya-Sidoarjo) ini harus diperhitungkan. 

Dengan perolehan suara 190.742, BHS sapaan akrabnya menjadi peraih suara terbanyak. Pada Pilkada 2020 lalu, ia maju sebagai calon Bupati Sidoarjo, namun dewi fortuna belum berpihak. 

Ia kalah dengan Ahmad Muhdlor Ali. Kini apakah BHS akan maju sebagai Cawali Surabaya meninggalkan kursi DPR RI?

15. Arizal Tom Liwafa

Crazy rich Surabaya sekaligus caleg DPR RI terpilih dari PAN, Arizal Tom Liwafa banyak disebut akan maju dalam bursa calon di Pilwali Kota Surabaya.

Bahkan sempat viral di media sosial, foto Tom Liwafa disandingkan dengan musisi Ahmad Dhani sebagai bakal calon Walikota dan Wakil Walikota yang akan berkontestasi di Pilkada Kota Surabaya 2024.

***

Dari profil lima belas (15) tokoh tersebut, ayo kita wujudkan suara kita melalui Polling Rubrika di bawah ini. 

Polling Rubrika ini sangat penting untuk memberikan masukan kepada elite partai agar dapat memberikan rekomendasi kepada tokoh yang sesuai dan dicintai oleh masyarakat Kota Pahlawan untuk maju sebagai Calon Wali Kota Surabaya. (***)

Siapa Calon Wali Kota Surabaya Periode 2024-2029 Pilihanmu?

  • Adi Sutarwijono (35%, 342 Votes)
  • Armuji (30%, 295 Votes)
  • Musyafak Rauf (15%, 151 Votes)
  • Cahyo Haryo Prakoso (12%, 115 Votes)
  • Eri Cahyadi (4%, 35 Votes)
  • Ahmad Dhani (2%, 21 Votes)
  • Reni Astuti (1%, 11 Votes)
  • Arizal Tom Liwafa (1%, 8 Votes)
  • Fuad Bernardi (1%, 5 Votes)
  • Dyah Katarina (0%, 4 Votes)
  • Bambang Haryo Soekartono (0%, 2 Votes)
  • Azrul Ananda (0%, 1 Votes)
  • Hedi Dediansya (0%, 0 Votes)
  • Lucy Kurniasari (0%, 0 Votes)
  • M. Soleh (0%, 0 Votes)

Total Voters: 983

Loading ... Loading ...

***Noted: Jika tidak bisa melakukan vote, gulir halaman ini hingga paling bawah box redaksi, lalu ganti dengan mode Versi Non AMP/Exit Mobile Version

banner 336x280