banner 728x250

Mahasiswa KKN Untag Surabaya Latih Warga Desa Jatidukuh Dasar Teknologi Informasi

Mahasiswa KKN Untag Surabaya Latih Warga Desa Jatidukuh, Mojokerto Dasar Teknologi Informasi, Sabtu (20/01/2024).

MOJOKERTO – Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya mengimplementasikan Tri Dharma yang dikenal sebagai Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Jatidukuh yang berada di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur merupakan salah satu desa yang menjadi tempat Pengabdian Mahasiswa Untag Surabaya.

banner 336x280

KKN merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu Pengabdian kepada Masyarakat.

KKN tidak hanya mengimplementasikan Tri Dharma yang ketiga, namun mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni, “Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan dan Pengabdian kepada Masyarakat”.

KKN yang di selenggarakan Untag Surabaya pada tahun ini melakukan Program Kerja yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang sebelumnya melakukan suatu program kerja secara individu karena untuk mencegah penyebaran Covid-19, sekarang dilakukan secara berkelompok. 

Dalam melakukan pengabdian ini terdapat dua-tiga orang dalam satu (1) Kelompok.

Pada Pengabdian yang melakukan Pelatihan Dasar Teknologi Informasi terdapat Dua Orang yakni Simson Hasgelter Lumbantoruan Mahasiswa Ilmu Hukum dan Faritzal Racthman Junioananta Mahasiswa Teknik Informatika, dibawah bimbingan Dr. Mamang Efendy, M.Psi. selaku dosen pembimbing lapangan.

Program ini diusulkan oleh Faritzal Racthman Junioananta. Pada saat survey Faritzal mendapati bahwa sebagian besar warga di Desa Jatidukuh belum paham dalam penggunaan komputer.

Sebagian besar masyarakat lokal hanya paham pada penggunaan Handphone. Pada kegiatan KKN ini diketahui bahwa para pelajar di tingkat SD, SMP, SMA belum pernah menggunakan Zoom, bahkan pada Desa Jatidukuh belum pernah mengenal dan tidak paham apa itu E-Learning. 

Hal ini diketahui ketika wawancara sebelum memberikan pelajaran tentang Teknologi.

Kegiatan ini juga melakukan metode Pre-test dan Post-Test untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan pelajar dan masyarakat lokal terhadap perangkat keras, perangkat lunak, internet, dan dasar dasar teknologi informasi.

Dalam Pelatihan ini Mahasiswa peserta KKN mengajarkan salah satu penggunaan perangkat lunak yang dapat memanejemen hasil pertanian pada pekan panen, yakni Looker Studio. 

Looker Studio merupakan alat gratis yang mengubah data menjadi dasbor dan laporan yang informatif, yang mudah dibaca, mudah dibagikan, dan dapat disesuaikan sepenuhnya. 

Pelatihan Looker Studio ini dapat memudahkan masyarakat yang bekerja sebagai petani, karena sebagian besar petani pada Desa Jatidukuh ini masih mengalami kesulitan untuk memanajemen hasil dari pertanian mereka. 

Looker Studio ini akan lebih memudahkan para petani untuk memilah hasil panen yang masuk dan yang keluar pada setiap panen hasil taninya.

Walaupun hanya mengajarkan beberapa perangkat lunak seperti Zoom, dan Looker Studio, ini akan berdampak pada keinginan dari para peserta pelatihan yang akan menjadi motivasi para masyarakat lokal untuk lebih terampil dan produktif dalam penggunaan teknologi informasi, dan internet yang sebelumnya internet dan teknologi modern hanya digunakan untuk hiburan seperti memutar YouTubeGame Online, dan hiburan lainnya. (***)