banner 728x250

Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Rektor, Nazaruddin Malik Pimpin UMM

Nazaruddin Malik Terpilih Sebagai Rektor UMM Periode 2024-2028. (Foto: Ist)

RUBRIKA – Pemilihan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menetapkan Prof. Dr. Nazaruddin Malik, M.Si sebagai Rektor secara aklamasi, Rabu 20/12/2023 tadi malam.

Adapun hasil ini, merupakan proses panjang yang dilakukan sejak di tingkat program studi dan fakultas pada Oktober lalu.

banner 336x280

M. Isnaini, M.pd Kepalq Humas UMM menjelaskan, proses jauh diawali dengan pemilihan dan penetapan organ senat UMM, dilanjutkan pembentukan panitia pemilihan rektor periode 2024-2028.

Langkah selanjutnya sosialisasi dan penjaringan di tiap-tiap fakultas yang memunculkan nama-nama calon kandidat.

Dari situ muncul nama-nama yang bisa  dijaring oleh masing-masing fakultas. Ada lebih dari 14 calon yang akhirnya di usulkan.

“Proses jauh diawali dengan penetapan organ senat, pembentukan panitia pemilihan rektor serta sosialisasi dan penjaringan di tiap fakultas, dari situ bisa dijaring oleh masing-masing fakultas, ada lebih dari 14 calon yang akhirnya diusulkan,” jelas Isnaini.

Verifikasi untuk memastikan semua calon telah memenuhi berbagai syarat juga dilakukan. Kemudian para senat melakukan pertimbangan, pemilihan, serta penetapan rektor kampus.

Berdasarkan data hasil penjaringan calon rektor tersebut, Nazaruddin Malik mendapatkan jumlah pengusul mayoritas, yakni diusulkan oleh 11  fakultas.

Sementara nama-nama di posisi dua dan tiga, masing-masing hanya mendapatkan tiga dan dua pengusul, sisa calon kandidat lainnya hanya mendapat satu suara.

Dari hasil tersebut, para senat dan peserta setuju serta akhirnya menetapkan Nazaruddin Malik menjadi rektor secara aklamasi.

Nazaruddin Malik yang saat ini menjabat Wakil Rektor II, dengan ditetapkannya dari hasil pilhan menjadi rektor akan dilanjutkan dengan tahapan pengesahan surat keputusan (SK) dari pimpinan pusat (PP) Muhammadiyah. (***)