banner 728x250

Tim Pengabdi Unmer Malang Kerjasama dengan UM Olah Jeruk Jadi Permen

RUBRIKA – Dalam program Universitas Merdeka (UNMER) Malang membangun Desa 2023, tim pengabdi (UNMER) Malang bersama Universitas Negeri Malang (UM) melakukan pelatihan pengolahan Jeruk menjadi produk makanan.

Pelatihan yang dilaksanakan di Desa Gading Kulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang ini bertujuan meningkatkan nilai produk untuk menarik minat konsumen.

banner 336x280

Dikarenakan buah memiliki masa yang cukup pendek apabila tidak segera dijual atau diolah.

Edi Subiyantoro selaku ketua tim pengabdi Unmer Malang memiliki gagasan untuk mengolah buah Jeruk menjadi permen.

“Gagasan membuat permen ini saya sampaikan karena buah memiliki masa yang pendek apabila tidak segera dijual atau diolah,” ujar Edi Subiyantoro kepada Rubrika, Kamis (16/11/2023).

Berkerjasama dengan Universitas Negeri Malang jurusan Tata Boga, Tim Pengabdi Unmer Malang melatih ibu-ibu dari warga Desa Gading Kulon mengolah Jeruk menjadi Gummy Candy.

Tidak hanya pelatihan membuat permen, tim pengabdi juga mendorong Desa Gading Kulon untuk menjadi pelaku usaha mandiri dengan memberi mesin sebagai upaya efisiensi pengolahan produk.

Narto pemilik wisata petik jeruk Gading Kulon mengungkapkan, bahwa saat musim panen raya tiba harga jual jeruk menjadi anjlok, yang pada akhirnya jeruk banyak diberikan secara cuma-cuma.

Dengan adanya pelatihan dan pemberian mesin kepada ibu-ibu guna mempercepat proses olahan dengan tujuan meningkatkan minat konsumen, kami sampaikan banyak terima kasih kepada tim pengabdi Unmer dan Unversitas Negeri Malang. 

“Saat musim panen raya tiba, harga jeruk anjlok, ya pada akhirnya jeruk banyak diberikan secara cuma-cuma, dengan adanya pelatihan serta pemberian mesin kepada ibu-ibu kami sangat berterima kasih kepada tim pengabdi,” ungkap Narto. (***)