banner 728x250

Pemerintah Ubah Istilah Isa Almasih Jadi Yesus Kristus di Libur Nasional

Pemerintah akan mengubah istilah Isa Almasih menjadi Yesus Kristus. (Ilustrasi: Canva Pro)

RUBRIKA – Pemerintah akan mengubah istilah Isa Almasih menjadi Yesus Kristus. Perubahan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Dia mengatakan, Kementerian Agama (Kemenag) mengajukan usulan perubahan nomenklatur nama ‘Isa Almasih’ menjadi ‘Yesus Kristus’ dalam hari libur nasional keagamaan.

banner 336x280

“Akan ada perubahan nomenklatur atas usulan dari Kementerian Agama terkait dari istilah yaitu Isa Almasih, akan diubah menjadi Yesus Kristus,” kata Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (12/9).

Muhadjir mengatakan Kementerian yang dipimpin oleh Yaqut Cholil itu akan mengusulkan perubahan Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur soal nomenklatur tersebut.

“Karena itu Kemenag usulan Perpres perubahan nomenklatur dimaksud,” kata dia.

Di tempat yang sama, Wamenag Saiful Rahmat Dasuki mengatakan perubahan nomenklatur tersebut merupakan usulan dari umat Kristen dan Katolik. Ia mengatakan Kemenag telah memperjuangkan perubahan tersebut dan bisa diterima.

“Ya ini usulan dari umat Kristen dan Katolik. Agar nama nomenklatur itu justru memang diubah ke yang mereka yakini, itu adalah kelahiran Yesus Kristus dan wafatnya Yesus Kristus dan kenaikan Yesus Kristus. Itu usulan mereka,” kata Saiful.

Selama ini pemerintah masih menggunakan nomenklatur ‘Isa Almasih’ ketika menyebut Hari Kenaikan Isa Almasih dan wafat Isa Almasih.

Pada tahun 2024 mendatang, hari wafat Isa Almasih jatuh pada 29 Maret. Kemudian kenaikan Isa Almasih jatuh pada tanggal 9 Mei 2024. (***)