banner 728x250

Jokowi Lantik Ketum Projo Budi Arie Jadi Menkominfo

Pelantikan Menkominfo dan 5 Wamen, di Istana Negara, Jakarata, Senin (17/07/2023). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

RUBRIKA, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik menteri dan beberapa wakil menteri pemerintahan kabinet Indonesia Maju 2019-2024 untuk sisa masa jabatan, Senin (17/07) di Istana Negara, Jakarta.

Ketua Umum (Ketum) Projo, Budi Arie Setiadi dilantik sebagai Menkominfo berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 62/P Tahun 2023.

banner 336x280

Selain itu, Presiden Jokowi juga melantik lima figur wakil menteri (wamen) yang akan mengisi Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.

Berikut lima wakil menteri yang dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 32/M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 tersebut:

1. Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu);

2. Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo);

3. Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDT);

4. Rosan Perkasa Roeslani sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN); dan

5. Saiful Rahmat sebagai Wakil Menteri Agama (Menag)

Sebelumnya Budi Arie Setiadi menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan transmigrasi (Wamendes-PDTT) menggantikan Jhonny G Plate yang tersandung kasus dugaan korupsi penyediaan Base Transceiver Station (BTS).

“Ya ini kita ini hanya punya waktu yang sangat pendek satu setengah tahun kurang sehingga saya ingin yang pertama di Kominfo penyelesaian BTS itu harus diutamakan,” ujar Jokowi.

“Penyelesaian hukum silakan berjalan kita hormati proses itu tetapi penyelesaian BTS nya juga harus tetap berjalan karena nanti menyangkut pelayanan kepada masyarakat terutama di daerah-daerah terdepan dan tertinggal,” sambungnya.

“Jangan sampai kita, peristiwa hukum BTS nya juga terpenggal, ini yang saya nggak mau, tugas beratnya disitu,” lanjut Presiden Jokowi.

Setelah dilantik menjadi Menkominfo, Budi Arie mendapatkan tugas pertama untuk menyelesaikan dan membenahi BTS.

Selain itu ia menegaskan bahwa Kominfo gunung masalah. Budi Arie berkomitmen akan melaksanakan perintah Presiden Jokowi.

“Tidak ada visi-misi mentri yang ada visi-misi Presiden,” kata Menkominfo Budi Arie. (***)