banner 728x250

Gelar Teaching Collaboration, Dosen UMM Kagum Dengan Kualitas SDM Polandia

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMM, Dr. Drs. Widayat, MM saat berkunjung ke Polandia dalam program Erasmus Plus. (Foto: Ist)

MALANG – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) guna meningkatkan kualitas akademik, memberangkatkan dosennya ke Polandia dalam program Erasmus Plus.

Program Erasmus Plus yang digelar selama seminggu pada akhir Bulan Juli ini, UMM memberangkatkan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Dr. Drs. Widayat, MM. yang mengunjungi Wroclaw University of Science and Technology (Politechnika Worclawska) serta Politechnika Warszawska, Warsaw Polandia. 

banner 336x280

Dosen dengan sapaan akrab Widayat ini kepada rubrika.co.id mengatakan, program ini merupakan program untuk membangun potensi dan kerjasama Internasional UMM ke depan. 

“Bukan hanya urusan kerjasama saja, tetapi kami (para dosen) juga belajar agar ilmu yang kami dapatkan di Polandia ini bisa bermanfaat bagi kemajuan pendidikan Indonesia, khusunya UMM,” katanya.

Tak hanya itu, menurut Widayat dirinya sangat tertarik dnegan standarisasi perkuliahan di Polandia yang tertata lantaran didasari oleh pengelolaan berbasis mekanisme pasar dimana mahasiswa-mahasiswi sebagai primer customer atau investor primer sementara orang tua sebagai investor sekunder.

“Saya rasa secara sistem dan pengeloaan universitas, sistem di Polandia ini layak diadopsi di Indonesia karena mahasiswa dipandang sebagai investasi besar kedepannya,” terangnya.

Tak hanya itu, Dosen UMM asli Banyuwangi ini juga turut kagum terhadap keseharian masyarakat di Warsaw, Polandia.

Diantaranya adalah budaya hemat sumber daya dan hidup yang terencana serta akses transportasi publik disana.

“Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermutu berpatokan pada sistem pendidikannya. Kalau sistem pendidikannya bagus, tentu menghasilkan SDM yang bagus. Begitupun sebaliknya. Saya berharap semoga Indonesia dari sisi pendidikan terus dikembangkan guna menghasilkan mutu SDM yang unggul,” bebernya.

banner 336x280