banner 728x250

China Unjuk Kekuatan Militer di Perairan dan di Wilayah Udara Sekitar Pulau Taiwan

Peta yang menunjukkan lokasi dimana Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) akan melakukan latihan militer dan kegiatan pelatihan termasuk latihan tembakan langsung terlihat di laporan surat kabar tentang kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan, di kios koran di Beijing, China, 3 Agustus 2022. (Foto: REUTERS/Tingshu Wang)

BEIJING – Dalam informasi yang diperoleh televisi pemerintah China melaporkan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat China telah memulai latihan militer termasuk adanya penembakan langsung di perairan dan di wilayah udara sekitar pulau Taiwan.

Latihan, yang tersebar di enam lokasi, berakhir pada pukul 12:00 siang (0400 GMT) pada hari Minggu.

banner 336x280

Latihan tersebut mengikuti kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi ke Taiwan, sebuah perjalanan yang dikutuk oleh Beijing, yang mengklaim pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai miliknya.

Dilansir dari media internasional Reuters pada Kamis (04/08). Secara signifikan, di utara, timur dan selatan, area latihan membagi dua perairan teritorial 12 mil laut yang diklaim Taiwan – sesuatu yang dikatakan pejabat Taiwan menantang tatanan internasional dan sama dengan blokade ruang laut dan udaranya.

Lokasi mengelilingi pulau dalam formasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, Meng Xiangqing, seorang profesor di Universitas Pertahanan Nasional, mengatakan kepada televisi pemerintah China, menggambarkan bagaimana operasi militer yang sebenarnya terhadap Taiwan dapat dimainkan.

“Faktanya, ini telah menciptakan kondisi yang sangat baik bagi kami ketika, di masa depan, kami membentuk kembali lanskap strategis kami yang kondusif untuk penyatuan kami,” jelas Meng.

Pasukan China di dua daerah di lepas pantai utara Taiwan berpotensi menutup Keelung, pelabuhan utama, sementara serangan dapat diluncurkan dari daerah timur Taiwan yang menargetkan pangkalan militer di Hualien dan Taidong.

“Pintu ke Kaoshiung juga bisa ditutup oleh militer China di lepas pantai barat daya,” kata Meng.