banner 728x250

Melihat Tradisi Ngudek Jenang di Selamatan 112 Tahun Desa Sumberejo Kota Batu

Tradisi Ngudek Jenang di Acara Selamatan Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, Kota Batu. (Foto: Amrin Pandiangan/Rubrika.co.id)

KOTA BATU – Desa Sumberejo, merupakan sebuah desa yang berada di kawasan Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, yang memiliki keindahan alam dan berhawa sejuk,  dengan potensi pertanian berupa hamparan ladang sayur yang dikreasikan menjadi wisata petik sayur.

Selain itu juga wisata petualang dengan menggunakan ATV, wisatawan bisa berkeliling desa dan menikmati hamparan sawah dan ladang sayur yang menghijau.

banner 336x280

Dalam Bulan ini Desa Sumberejo menggelar Selamatan Desa yang ke-112 Tahun Ambal Warso Desa Sumberejo yang sudah berlangsung mulai tanggal 24 Juli hingga 31 Agustus 2022.

Berbagai atraksi kesenian ditampilkan mulai dari Pagelaran Wayang Kulit, Ludruk, Tayub, dan Kesenian Tradisional lain, serta kegiatan keagamaan seperti doa bersama dan pengajian umum.

Dan untuk melestarikan tradisi budaya masyarakat, pada Kamis (28/7/2022) lalu dilaksanakan Kegiatan Njenang Gede bertempat di Balai Desa Sumberejo Kota Batu.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Komisi B DPRD Batu, Hari Danah Wahyono bersama Kepala Desa Sumberejo Drs. Riyanto dan Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dwi Nova Andriany, didampingi jajaran dan staff.

Ngudek Jenang merupakan kegiatan masyarakat dalam melestarikan budaya lama untuk mempererat tali silaturahmi warga agar tetap terjalin kerukunan.

Proses pembuatan jenang yang masih tradisional dengan menggunakan tungku berbahan bakar kayu, menjadikan daya tarik tersendiri.

Wisatawan yang datang bisa menikmati sensasi proses pembuatan jajan tradisional yang terbuat dari santan kelapa dan tepung ketan, mulai dari proses memarut kelapa hingga pencetakan jenang.