banner 728x250

Jokowi Keluarkan Perpres Strategi Nasional Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak

Perpres Stranas PKTA. (Foto: Ist)

JAKARTA – Pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 101 Tahun 2022, tentang Strategi Nasional Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak (Stranas PKTA).

Peraturan yang dapat diakses pada laman JDIH Sekretariat Kabinet ini ditanda tangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 15 Juli 2022. 

banner 336x280

Disebutkan dalam pertimbangan peraturan ini bahwa untuk melindungi anak dari kekerasan dan diskriminasi, perlu dilakukan upaya pencegahan dan penanganan.

“Peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan penghapusan kekerasan terhadap anak belum optimal dalam memberikan pencegahan dan penanganan sehingga diperlukan strategi nasional,” disebutkan dalam Perpres.

Strategi Nasional Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak, merupakan strategi nasional yang dituangkan dalam dokumen yang memuat arah kebijakan, strategi, fokus strategi, intervensi kunci serta target. 

Peran dan tanggung jawab kementerian/lembaga (K/L), pemerintah provinsi, pemerintah daerah Kota/Kabupaten dan masyarakat untuk mewujudkan penghapusan kekerasan terhadap anak. 

“Pendanaan pelaksanaan Stranas PKTA bersumber dari  APBN, APBD dan/atau sumber lainnya yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peratuan perundang-undangan,” bunyi pasal 8.