banner 728x250

UMM Launching UKM Golf di Lanud Abd Saleh Malang

UMM Launching UKM Golf di Lanud Abd Saleh Malang, Sabtu (23/07/2022).

MALANG – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meluncurkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Golf pada Sabtu (23/07/2022).

Unit ini bertujuan sebagai wadah potensi bagi para mahasiswa yang memiliki minat dan bakat di bidang golf. Menariknya, UKM ini adalah hasil kerja sama Kampus Putih UMM dengan Landasan Udara (Lanud) Abd Saleh, Malang.

banner 336x280

Adapun launching ini ditandai dengan penyerahan stik golf dari Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd. dan Komandan Lanud Abd Saleh Zulfahmi, S.Sos, M.H. kepada dua perwakilan UKM Golf UMM.

Kegiatan ini juga menjadi salah satu rangkaian UMM memeriahkan Turnamen Golf Lanud Abd Saleh dalam rangka ulang tahun Skadron Udara 32 dan Skadron Teknik 022.

Zulfahmi menilai bahwa olahraga golf merupakan olahraga yang lengkap. Tidak hanya mendapatkan tubuh yang sehat, tapi juga sebagai sarana hiburan. Pun dengan memperluas network serta hubungan kerja yang selama ini dijalin.

“Jadi golf ini memang tidak hanya sebagai olahraga semata, tapi bisa mendapatkan banyak manfaat. Semoga ajang turnamen golf ini bisa terus dilakukan agar silaturahmi antar peserta, panitia, dan warga Malang bisa terjalin,” tambahnya.

Launching UKM Golf ini ditandai dengan penyerahan stik golf dari Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd. dan Komandan Lanud Abd Saleh Zulfahmi, S.Sos, M.H. kepada dua perwakilan UKM Golf UMM.

Sementara itu, Fauzan menjelaskan bahwa sebelum UKM Golf, UMM dan Lanud Abd Saleh juga telah bekerjasama di bidang dirgantara dengan dilaunchingnya UKM Biru Flying Club. Dari dua kegiatan itu, diharapkan muncul para pemimpin andal yang muncul dari dua bidang terkait.

Ia melanjutkan bahwa UMM mendorong dua kemampuan bagi mahasiswa-mahasiswanya. Pertama, yakni kompetensi akademik yang didapat melalui perkuliahan yang dijalani. Kemudian yang kedua ialah kemampuan leadership.

“Skill leadership ini bisa didapatkan dari berbagai organisasi yang sudah disediakan oleh UMM. Salah satunya lewat UKM Golf yang baru dilaunching hari ini,” tegasnya.

Menurutnya, tidak mungkin melahirkan pemimpin dari satu pintu saja. Harus ada berbagai pintu lain agar semakin banyak pemimpin-pemimpin yang baik. Pun jika ingin memenangkan persaingan dengan SDM negara-negara lain, kemampuan leadership adalah salah satu yang utama. 

Kegiatan ini adalah komitmen bersama UMM-Lanud Abd Saleh untuk membentuk generasi yang disiplin, tangguh, dan bertanggung jawab, khususnya di bidang golf.

Apalagi melihat masih jarang atlet-atlet muda golf yang lahir dari kampus. Nantinya, padang golf ini juga akan menjadi basecamp pelatihan golf mahasiswa UMM. Pun dengan proses pelatihan dan pembinaan yang diberikan oleh pelatih dari Lanud.

Ketua UKM Golf UMM Akbar Cahya Krisdana mengatakan bahwa antusiasme mahasiswa untuk bergabung sangat tinggi. Terhitung ada 100 mahasiswa yang mendaftar dan mengikuti seleksi. Beberapa di antaranya berhasil lolos tes dan menjadi anggota.

“Kami juga rutin berlatih sekali hingga dua kali dalam seminggu. Beruntung, UMM senantiasa mewadahi setiap potensi mahasiswanya seperti membentuk UKM Golf ini,” jelasnya.

Kedepannya, pihaknya ingin mengadakan fun game dengan mengundang komunitas dari berbagai kampus di seluruh Indonesia. Bahkan dalam waktu dekat akan merancang turnamen golf mahasiswa tingkat nasional.

Ia juga berharap, UKM Golf UMM dapat melahirkan atlet-atlet dengan skill mumpuni. Sehingga mampu mewakili UMM atau bahkan daerah asalnya berlaga di kompetisi-kompetisi bergengsi. Baik di level nasional atau bahkan internasional.

banner 336x280