banner 728x250

Indonesia-Uni Emirat Arab Jalin Kerja Sama Industri Farmasi dan Alat Kesehatan

Menkes RI di Acara Bussiness Forum On The Visit Of MOHAP EUA, Selasa (19/7/2022).

JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin bertemu dengan Wakil Asisten Sekretaris Kesehatan dan Perizinan Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan dan Pencegahan Uni Emirat Arab (UEA) Amin Al Ameeri.

Pertemuan itu dalam acara Bussiness Forum On The Visit Of MOHAP EUA, Selasa (19/7/2022). Adapun pembahasannya tentang kerjasama bilateral antar kedua negara terkait industri farmasi dan alat kesehatan.

banner 336x280

“Hari ini, kami akan memulai kolaborasi industri farmasi dan alat kesehatan dengan UEA,” kata Budi Gunadi.

Menkes menyebutkan bahwa salah satu fokus utama dari kerjasama antar kedua negara adalah membangun lebih banyak penelitian dan kapasitas produksi yang terdistribusi pada vaksin, terapi dan diagnostik (VTD).

Hal ini mengingat memasuki tahun ketiga pandemi, dunia masih menghadapi Covid-19, serta ancaman dari varian barunya.

Untuk itu, akses terhadap VTD serta perbaikan sistem pelayanan kesehatan, menjadi komponen vital untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 dan mengakhiri fase akut pandemi.

Menkes berharap adanya kolaborasi ini menjadi peluang besar serta awal yang baik dalam kerangka penguatan arsitektur kesehatan global yang sempat tertekan akibat pandemi Covid-19.

Pihaknya berharap kerjasama antar kedua negara di sektor kesehatan bisa terus ditingkatkan.

“Saya percaya dan berharap melalui kolaborasi ini, dapat membuka peluang yang sangat besar untuk penguatan sistem kesehatan dua negara,” harap Budi Gunadi.

banner 336x280