banner 728x250

Incantation, Film Horor Terseram di Taiwan yang Diangkat dari Kisah Nyata, Berani Nonton?

Film Horor Taiwan “Incantation”. (Foto: Tangkapan Layar Netflix)

RUBRIKA – “Incantation” adalah film horor yang sesang menyita perhatian dunia perfiliman. Film horor Taiwan ini baru saja di rilis di Netflix sejak Jumat (08/07/2022) lalu.

Film ini juga menjadi TOP 10 yang direkomendasikan Netflix untuk penonton khususnya di Indonesia.

banner 336x280

Film horor ini disutradarai oleh Kevin Ko dari sebuah skenario yang ia tulis bersama dengan Chang Che-wei. Film ini dirilis di Taiwan pada 18 Maret 2022, dan menjadi film horor Taiwan terlaris. Bahkan, film ini juga digadang-gadang menjadi film horor horor terseram di Taiwan.

Film ini juga diangkat berdasarkan dari kisah nyata dengan kisah seorang perempun yang mengabadikan perjalanannya mencari setan dan melanggar tabu menjadi kutukan bagi dirinya saat berkunjung ke kuil pemuja aliran sesat di Kaohsiung, Taiwan.

Sinopsis

Enam tahun lalu, Li Ruo Nan atau Ronan, pacarnya Dom, dan sepupu Dom Yuan, melanggar tabu agama saat mendokumentasikan ritual untuk saluran Internet mereka, Ghost Busters.

Mereka pergi ke desa terpencil klan Chen, kerabat Dom dan Yuan, yang mempraktikkan Yunnan esoteris, agama menyembah dewa yang disebut Ibu-Buddha. Klan dengan enggan membiarkan Ronan, orang luar, masuk ke desa mereka, lalu meminta ketiganya untuk menyerahkan nama mereka dengan mantra kepada Ibu-Buddha.

Seorang tetua klan memberi tahu Ronan bahwa setelah putrinya lahir, dia juga harus melakukan hal yang sama. Ronan terkejut karena dia tidak menyadari bahwa dia hamil. Malam itu, kelompok itu memata-matai klan yang melakukan ritual, di mana seorang gadis muda tampaknya bersedia untuk berkorban.

Gadis yang tidak sadarkan diri, yang tubuhnya tertutup rune, ditinggalkan di depan sebuah terowongan, yang dilarang masuk oleh klan. Ronan menunggu bersamanya sementara Dom dan Yuan memasuki terowongan setelah menghancurkan pintu terowongan.

Beberapa saat kemudian, Yuan muncul dari terowongan sambil berteriak sementara Dom kemudian dinyatakan telah meninggal. Rekaman dari dalam terowongan telah rusak dan tidak dapat diputar. Setelah Dodo lahir, Ronan meninggalkannya di panti asuhan dan mencari bantuan psikiater.

Sementara itu, Ming pergi ke Yunnan untuk melakukan lebih banyak penelitian tentang agama klan Chen dan menugaskan para profesional untuk memulihkan rekaman Ghost Busters yang rusak.

Ming mengirim Ronan video yang dipulihkan dan mati setelah berulang kali menghancurkan kepalanya sendiri. Dalam rekaman tersebut, terlihat bahwa Dom dan Yuan mencapai altar Bunda Buddha, yang wajahnya ditutupi oleh kerudung. Saat mencoba membuka cadar, Dom kesurupan dan meninggal setelah kepalanya terbentur.

Ronan mengaku bahwa dia telah berbohong kepada penonton selama ini. Terungkap bahwa seorang pendeta di Yunnan telah memberi tahu Ming bahwa Ibu-Buddha adalah entitas jahat dan bahwa jika anda menyerahkan nama anda dengan mantra, itu berarti Anda setuju untuk membawa kutukan.

Alih-alih menyampaikan berkah, mantera justru berfungsi untuk mencairkan kutukan. Ketika lebih banyak orang melantunkannya, kutukan itu menyebar dan beban mereka yang menanggungnya menjadi lebih ringan.

Sumber kutukan adalah wajah Ibu-Buddha, yang harus ditutup. Ronan, sekarang benar-benar tertutup rune, kembali ke altar di dalam terowongan dan menanyakan nama mereka kepada penonton sebelum memperlihatkan wajah Ibu-Buddha di depan kamera.

Dia kesurupan dan menghancurkan kepalanya sendiri di altar. Film diakhiri dengan cuplikan Dodo sehat dan bahagia.

banner 336x280