banner 728x250

Wabup Malang Berharap Tanaman Anggrek Bisa Ungkit Perekonomian Masyarakat Desa

Wabup Malang Didik Gatot Subroto saat meresmikan Taman Arjuno di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Minggu (26/06/2022). (Foto: ist)

MALANG – Wakil Bupati (Wabup) Malang, Didik Gatot Subroto, menghadiri acara Rembuk Insan Anggrek Jawa Timur dan Peresmian Taman Arjuno di Kecamatan Singosari, Minggu (26/06/2022) lalu.

Acara ini bertemakan “Anggrek Sebagai Potensi Pengembangan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat Desa”.

banner 336x280

Hadir pada kegiatan ini Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Pada sambutannya, Wabup Malang menyampaikan Kabupaten Malang diberikan sesuatu yang lebih salah satunya Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Jawa Timur sangat memberikan dukungan terhadap produktifitas Anggrek di Jawa Timur.

“Saya berharap dengan ini Kabupaten Malang bisa bersinergikan dengan beberapa Wisata Desa yang telah ada dan dengan harapan Taman Arjuna ini menjadi bagian satu destinasi wisata yang bisa mengungkit pertumbuhan perekonomian di Kecamatan Singosari secara khusus di tanaman anggrek,” ujar Wakil Bupati Malang.

Di samping itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa Kabupaten Malang hingga saat ini menempati urutan nomor satu untuk penguatan tanaman Anggrek, hal ini terjadi karena adanya semangat yang terus tumbuh dan berkembang dengan baik di Kabupaten Malang.

“Hari ini yang akan melakukan rembuk bersama akan menjadi bagian dari projek penguatan tidak hanya penguatan dalam sektor ekonomi, mengirim tanaman susah dan mendatangkan juga sama susahnya, untuk itu hal-hal apa yang dapat kita bisa bangun untuk bersinergitas bersama,” ucap Gubernur Jatim.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan Tanaman Anggrek adalah urusan hobi yang berdampak kepada kesejahteraan ekonomi, dan dibudidayakan serta di optimalisasi kapasitasnya.

“Setelah pertemuan ini yang pertama saya ingin punya ialah piloting Desa Anggrek tetapi tidak di Pulau Jawa tetapi di luar Jawa tentunya di daerah-daerah terpencil dan untuk Gubernur Jatim agar nantinya diberikan pendekatan formal,” pungkas Mendes PDTT. 

Kegiatan ini juga dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara DPD PAI JATIM dengan Universitas Negeri Jember, Universitas Wijayakusuma Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Islam Malang.