banner 728x250

Dikelola Komunitas Pak Legimin, DKP Jatim Tebar 50 Ribu Bibit Ikan di Sungai Parelegi

DKP Jatim, Camat Purwodadi, Kepala Desa Purwodadi, Kapolsek Purwodadi dan Warga Menebar Bibit Ikan di Sungai Parelegi, Kabupaten Pasuruan, Jumat (24/06/2022).

PASURUAN – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur (DKP Jatim) memberikan bantuan benih ikan yang di tebar di kali/sungai Parelegi, Dusun Parelegi, Desa Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jumat (24/6/2022).

Subkoor Pengelola Kesehatan Ikan DKP Jatim Sa’adah Mukadar, dalam sambutannya menyampaikan, bantuan benih ikan ini wujud komitmen DKP Jatim dalam mendukung masyarakat dalam melestarikan lingkungan terutama sungai.

banner 336x280

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Komunitas PAK LEGIMIN (Pecinta Aliran Kali Parelegi Mantab Inovatif) yang dengan sukarela merawat kebersihan sungai sekaligus menjaga kelestarian ekosistem ikan yang ada di habitatnya,” ujarnya.

Sungai yang berada di Jawa Timur terdapat 50 jenis ikan yang hampir punah. Hanya tinggal sekitar 15 jenis ikan lokal yang masih banyak populasinya.

Bantuan benih ikan yang di tebar di Sungai Parelegi saat ini 50 ribu ekor benih, ada 8 jenis benih ikan, Ikan Muraganting, Wader Pari, Bader Bang, Wader Cakul, Nilem, Sengkaring (ikan dewa), Udang Galah dan Tawes.

Camat Purwodadi, Fauzan dalam kesempatan ini, menyampaikan penebaran bibit ikan di sungai Parelegi nantinya bisa menjadi cikal bakal bahwa wilayah Purwodadi di kenal memiliki komoditas Ikan Wader Pari sekaligus ke depan bisa menjadi destinasi wisata sungai yang bersih dan asri.

“Harapan kita kedepan, tempat ini (PAK LEGIMIN) bisa menjadi tempat wisata dan menjadi percontohan untuk desa-desa lain,” ujarnya.

Dalam kegiatan penebaran bibit ini, turut hadir Kapolsek Purwodadi AKP Yokbeth Wally dan Kepala Desa Purwodadi, Mulyono.