banner 728x250

Mendag Baru Zulkifli Hasan Jelaskan Polemik Migor

Mendag Zulkifli Hasan Saat Sidak ke Pasar. (Foto: Ist)

RUBRIKA – Polemik yang terjadi mengenai minyak goreng (migor) memang sangat menyita perhatian pemerintah dan masyarakat saat ini, mulai dari kelangkaan, ketersediaan hingga berbagai kasus lainnya.

Zulkifli Hasan selaku Menteri Perdagangan yang baru dilantik secara langsung buka suara mengenai efek domino dari polemik migor ini melalui akun sosial medianya @zul.hasan.

banner 336x280

“Migor. Kata itu belakangan sering kita dengar. Gara-garanya sempat langka, kemudian harga melambung. Saya ditugasi jadi Mendag untuk mengurusi ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan dan bahan pokok ini, termasuk migor. Karena efek dominonya panjang, sampai ke dapur para ibu, ke gerobak-gerobak gorengan yang jadi favorit masyarakat kita,” tulis Zulkifli dikutip dari @zul.hasan, Sabtu (18/06/2022).

Zulkifli sendiri dalam tugas baru yang diembannya ini pun langsung turun kelapangan untuk melihat kondisi masyarakat. Dalam penanganan masalah migor ini pun tidak mudah, efektifitas dari program migor 2 liter per 1 KTP juga diantisipasi agar tidak menghambat. 

“Tapi menyelesaikan masalah migor ini tidak mudah. Dua hari ini saya langsung turun ke pasar, mengecek dan mendengarkan aspirasi masyarakat. Meski baru dua hari bekerja sebagai Mendag, semaksimal mungkin saya harus cepat menyerap dan memetakan persoalan yang ada. Siang tadi saya memantau efektifitas program migor 2 liter per 1 KTP. Jangan sampai itu yang justru menghambat,” tambahnya.

Mendag terus akan berupaya dalam mengatasi hal ini serta selalu berkoordinasi termasuk dengan Kemenko Marves dan Satgas Migor. Hal ini sebagai cara untuk memastikan segalanya berjalan efektif dan efisien. Pemerintah juga akan memastikan seluruh skema terbaik bagi rakyat. 

“Saya juga sudah berkoordinasi dengan Kemenko Marinves sebagai Kepala Satgas Migor yang saat ini masih efektif. Kami terus kaji, koordinasi juga berjalan baik. Insya Allah akan ada solusi segera. Meski sifatnya bertahap. Kita utamakan kepentingan rakyat. Pemerintah memastikan semua berjalan dengan skema yang ada, DMO dan DPO, minyak goreng curah rakyat akan tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau. Tadi saya cek di Pasar Koja harga wajar, Rp 15.000. Kita akan terus upayakan agar semakin sesuai. Saya juga ‘concern’ soal kualitas dan higienitas migor curah, harus kita pikirkan bersama-sama. Masak di dunia tinggal dua negara yang masih punya minyak curah, Indonesia dan Bangladesh? Malulah kita,” lanjutnya. 

Semangat dalam upaya mengatasi polemik Migor yang ditularkan oleh Zulkifli ini pun turut menghimbau agar seluruh pelaku usaha untuk melaporkan jika ada pelanggaran di lapangan. Bisa dilaporkan ke satgas pangan atau pihak-pihak terkait.

“Untuk memastikan harga terjangkau, pemerintah meminta kerja sama masyarakat dan pelaku usaha untuk melaporkan jika ada pelanggaran di lapangan. Bisa dilaporkan ke satgas pangan atau pihak-pihak terkait. Tadi pagi saya memimpin rapat bersama para pimpinan Kemdag, saya perintahkan untuk membuat ‘crisis center’, ‘task force’ migor. Saat ini juga sudah ada hotline-nya untuk, pengaduan masyarakat. Pemerintah dalam hal ini khususnya Kemendag akan mengerahkan segala daya dan upaya untuk membuat bahan-bahan pokok tersedia, harga terjangkau. Termasuk migor,” jelasnya lebih lanjut.

banner 336x280