banner 728x250

Wali Kota Malang Salurkan Bantuan Laktasi di Samaan, Lurah: Angka Stunting Menurun Drastis

Lurah Samaan Anang Setiawan. (Foto: Damanhury Jab/Rubrika)

KOTA MALANG – Wali Kota Malang Sutiaji, menggelar kunjungan kerja di Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Selasa (24/05/2022).

Kehadiran Wali Kota Sutiaji di Posyandu RW.03 Kelurahan Samaan ini disertai dengan penyaluran bantuan Laktasi dan bantuan kepada penyandang disabilitas.

banner 336x280

Sutiaji yang didampingi Camat Kecamatan  Klojen Heri Sunarko dan Lurah Klojen Anang Setiawan dalam sambutannya, menghimbau kepada seluruh stakeholder dari tingkatan Pemkot Malang hingga Kelurahan Samaan agar tetap menjalin kekompakan dalam memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Saya harapkan kepada seluruh stakeholder terutama aparat pemerintah agar dapat selalu hadir di setiap permasalahan yang ada diwilayah masing-masing. Termasuk di wilayah kelurahan. Lurah harus selalu hadir dalam setiap keluhan masyarakat,” singkatnya.

Sementara itu, Lurah Samaan Anang Setiawan saat dikonfirmasi terpisah menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Wali Kota Malang di kelurahannya. 

“Kami sangat berterimakasih atas kunjungan Pak Walikota dalam rangka kunjungan kerja serta penyaluran bantun laktasi dan disabilitas,” katanya.

Anang menyampaikan, berkat kerjasama antara kader Posyandu dan peran berbagai pihak terkait di Kelurahan Samaan, dalam kurun waktu 3 bulan terakhir ini, angka stunting di Kelurahan Samaan mengalami penurunan Drastis. 

“Kelurahan Samaan pada bulan Maret lalu angka jumlah stuntingnya 85 orang. Angka ini menurun menjadi 34 orang pada bulan Mei (saat ini) artinya bahwa Kelurahan Samaan dibawah sepuluh persen dari angka stunting nasional,” beber Anang.

Keberhasilan penekanan angka stunting ini menurut Anang merupakan hasil kerja keras antara stakeholder di wilayah Kelurahan Samaan yang melakukan perbaikan masif di beberapa sektor yang memiliki peluang sebagai pemicu meningkatnya angka stunting.

“Upaya meminimalisir stunting di Kelurahan Samaan kami mulai dengan penekanan kepada kaum Ibu agar harus telaten dalam merawat dan memberikan hak kepada anak sebagaimana mestinya serta memperhatikan saluran sanitasi di wilayah Kelurahan Samaan,” tutur Lurah Samaan.