banner 728x250

Apresiasi Seniman Kota Batu, DKKB Gelar Anugrah Kebudayaan

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko Memberikan Penghargaan Kepada Seniman di Acara Anugerah Kebudayaan Kota Batu 2022, di Graha Pancasila, Sabtu (20/05/2022). (Foto: Amrin Pandiangan)

KOTA BATU – Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada Seniman Kota Batu, Dewan Kesenian Kota Batu (DKKB) menggelar Anugrah Kebudayaan Kota Batu tahun 2022 di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Jumat (20/5) malam.

Ketua Dewan Kesenian Kota Batu, Sunarto, mengatakan, Anugrah Kebudayaan merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Kota Batu sebagai Kota Budaya yang mampu menjadi mercusuar Kota Seni dan Budaya.

banner 336x280

Penghargaan diberikan kepada lima seniman Kota Batu. Dalam bidang tari, penghargaan diberikan kepada Sudjopo Sumarah Purbo, dan dalam bidang reyog diberikan kepada Agus Triwahyudi. Selain itu, penghargaan lainnya diberikan kepada Miftah Abdul Hadi selaku Seniman Seni Rupa, Sukisno yang merupakan Seniman Ludruk dan Dr. GP. Sindhunata, S.J selaku Seniman Sastra.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, mengatakan, Kota Batu memiliki banyak seniman berbakat. Penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi kepada seniman dan seniwati Kota Batu.

“Acara ini adalah awal langkah yang baik. Kedepan saya harap Dinas Pariwisata bisa membuat sebuah program yang membuat seniman kita merasa sangat di hargai di kotanya,” kata Dewanti.

Perempuan yang akrab disapa Bude ini menambahkan, sejauh apapun seniman Kota Batu berkarya, baik di nasional atau kancah internasional, agar tidak lupa dengan Kota Batu.

“Maestro Kota Batu ini banyak sekali. Semua boleh berkarya di luar Kota Batu bahkan internasional, tapi jangan melupakan Kota Batu,” katanya.

Anugrah Kebudayaan Kota Batu 2022 dimeriahkan dengan berbagai penampilan seni, pameran tosan aji dan seni rupa, serta bedah buku sastra karya Romo Sindhunata yang berjudul Anak Bajang Mengayuh Bulan.