banner 728x250

Pemerintah Thailand Bagikan 1 Juta Pohon Ganja Gratis Untuk Rakyat

Ilustrasi Tanaman Ganja

BANGKOK – Pemerintah Thailand berencana membagikan satu juta tanaman bibit ganja secara gratis kepada rakyatnya.

Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand, Anutin Charnvirakul. Ia mengatakan budidaya dan penggunaan tanaman itu dilegalkan pada Juni mendatang.

banner 336x280

“Mulai 9 Juni, orang-orang di Thailand akan dapat menanam tanaman ganja sebanyak mungkin di rumah mereka sendiri,” kata Auntin seperti dikutip laman The National Thailand, Jumat (13/5/2022).

Syaratnya, ganja yang ditanam berada dalam level medis dan hanya digunakan khusus untuk kesehatan. Ganja hasil penanaman tersebut tak bisa digunakan untuk tujuan komersial.

Kebijakan ini juga diambil Pemerintah Thailand untuk mempromosikan ganja sebagai tanaman penjualan. Thailand sendiri merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang mengizinkan penggunaan ganja untuk medis pada 2018 lalu.

Pemerintah Thailand juga mengizinkan penggunaan ganja dalam minuman dan kosmetik.

Namun, perusahaan yang ingin menggunakan ganja dalam produk mereka harus menjaga batas kandungan bahan itu kurang dari 0,2 tetrahydrocannabinol (THC). Kandungan tersebut merupakan bagian dari ganja yang membuat orang mabuk.

Anutin menjelaskan bahwa orang juga dapat menjalankan bisnis dan perusahaan terkait ganja di bawah aturan baru.

“Ini akan memungkinkan orang dan pemerintah untuk menghasilkan lebih dari 10 miliar baht [per tahun] pendapatan dari ganja,” katanya.

banner 336x280